Frustrasi Pernyataan Trump, Dubes AS untuk Estonia Mundur

Frustrasi Pernyataan Trump, Dubes AS untuk Estonia Mundur

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali     Duta Besar Amerika Serikat untuk Estonia mengundurkan diri karena frustrasi terhadap pernyataan-pernyataan dan perlakuan Presiden Donald Trump terhadap sekutu Eropa-nya.

Pengunduran James D. Melville Jr., sebagai dubes AS untuk Estonia pertama kali diberitakan Majalah Foreign Policy. Dia adalah dubes AS ketiga yang mengundurkan diri dari Kementerian Luar Negeri. 

Majalah Foreign Policy mengutip postingan pribadi Melville di laman Facebook, di mana diplomat itu mengutarakan alasannya untuk pensiun dini.


"Seorang pegawai Kementerian Luar Negeri diprogram dan dididik sejak awal untuk mendukung kebijakan. Jika pada satu titik kami tidak dapat melakukannya, terutama jika seseorang dalam posisi pemimpin, cara yang terhormat adalah mengundurkan diri," tulis Melville seperti dikutip Foreign Policy.
"Setelah melayani enam presiden dan 11 menteri luar negeri, saya tidak pernah berpikir akan mencapai titik itu."

Melville mengutip pernyataan-pernyataan Presiden Trump yang menjadi alasan dia mengundurkan diri.

"Bagi seorang presiden mengatakan bahwa Uni Eropa 'dibentuk untuk mengambil keuntungan dari Amerika Serikat, menyerang 'celengan' kami', atau 'NATO seburuk NAFTA', tak hanya salah secara faktual tapi membuktikan pada saya bahwa sudah waktunya saya untuk pergi," kata Melville.
"Duta Besar Amerika Serikat untuk Estonia, Jim Melville, mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri dari Dinas Luar Negeri, efektif mulai 29 Juli setelah 33 tahun melayani publik," kata Kementerian Luar Negeri, seperti dikutip CNN, Minggu (1/7).

Pengunduran diri Melville terjadi di saat meningkatnya ketegangan dengan aliansi, yang sebelum Trump menjadi presiden adalah hubungan paling solid dan dapat diandalkan Amerika Serikat.

Namun serangan Trump terhadap anggota NATO, perang dagang dengan negara-negara Uni Eropa, penolakan atas kesepakatan nuklir Iran dan kesepakatan iklim Paris serta serangan terhadap para pemimpin Eropa seperti Kanselir Jerman, Angela Merkel telah merusak hubungan AS dengan Eropa.
Banyak pejabat Eropa khawatir pada kehadiran Trump di KTT NATO di Brussels, Belgia pertengahan Juli mendatang. Mereka khawatir pertemuan Trump dengan Presiden Rusia Vladimir Putin setelahnya bakal tampak lebih bersahabat ketimbang pertemuan NATO.

"Kami sekarang mengalami krisis besar," kata seorang diplomat Eropa kepada CNN.

Pengunduran diri Melville juga diikuti Susan Thornton, yang rencananya bakal menjadi Asisten Menlu soal Asia Timur. Pejabat Kementerian Luar Negeri menyatakan Thornton mengajukan pensiun dini mulai Juli.

Sebelum Melville, pada Januari lalu, Dubes AS untuk Panama John Feely mengundurkan diri. "Sebagai pegawai dinas luar negeri, saya menandatangani sumpah untuk melayani Presiden dan pemerintahannya dengan setia tanpa berpolitik, bahkan jika saya mungkin tidak setuju dengan kebijakan tertentu."

"Para instruktur saya menjelaskan bahwa jika saya tidak bisa melakukan itu, adalah sebuah kehormatan jika saya mengundurkan diri. Saat itu telah tiba," tulis Feeley, Januari lalu.

Maret lalu, Dubes AS untuk Meksiko, Roberta Jacobson mengumumkan pengunduran diri di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara akibat retorika Trump soal Meksiko, warganya dan perdagangan dengan AS.

















































sumber :CNNIndonesia.com

Related

Dunia 7131404398260198907

Post a Comment

emo-but-icon

item