Jokowi Tawarkan Pesawat PT DI kepada Presiden Mikronesia

Jokowi Tawarkan Pesawat PT DI kepada Presiden Mikronesia

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Presiden RI Joko Widodo menawarkan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk menjadi salah satu alat angkut Federasi Mikronesia saat bertemu dengan Presiden Peter M Christian pada Rabu (18/7).

"Indonesia menawarkan pesawat N-219 produksi PTDI untuk digunakan sebagai pesawat angkut antarpulau," kata Jokowi di Istana Bogor, Rabu (18/7).

Jokowi mengatakan tawaran itu menjadi salah satu bentuk dukungan Indonesia kepada Federasi Mikronesia karena sama-sama negara kepulauan. 


Tawaran ini, kata Jokowi, juga menjadi bentuk peningkatan kerja sama di bidang maritim serta konektivitas antarpulau di Federasi Mikronesia. 
Demi menindaklanjuti tawaran itu, Christian disebut akan mengunjungi langsung PTDI di Bandung esok hari. 

Selain pesawat, Indonesia dan Federasi Mikronesia sepakat mengintenskan interaksi pengusaha demi meningkatkan perekonomian masing-masing negara.

"Saya mengundang Federasi Mikronesia berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2018," tutur mantan Wali Kota Solo ini. 

Penawaran ini disambut baik Christian. Ia mengatakan kerja sama di bidang ekonomi sangat diperlukan sebab Federasi Mikronesia memiliki keterbatasan sumber daya alam dan sumber daya manusia. 

"Kami saat ini berterima kasih kepada pemerintah Indonesia karena menawarkan bantuan teknis dan ekonomi kepada kami untuk menghadapi tantangan dan mengembangkan negara kami," kata Christian.
Christian juga berterima kasih karena mereka sepakat meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan melalui pertukaran pelajar. Hal ini diyakini semakin mendekatkan Indonesia dan Federasi Mikronesia.

Presiden Federasi Mikronesia ini sendiri memiliki kedekatan dengan Indonesia. Jokowi mengatakan bahwa Christian memiliki garis keturunan Ambon, yang merupakan generasi ketiga di Mikronesia.

"Dalam kunjungan ke Indonesia ini beliau akan pulang kampung ke Ambon. Hal ini bukti ikatan masyarakat kedua negara sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menuturkan banyak kesamaan yang dimiliki Indonesia dan Federasi Mikronesia, salah satunya adalah sama-sama bangsa pasifik.
Persamaan lainnya adalah negara kepulauan. Mikronesia memiliki 600 pulau dan Indonesia memiliki 17 ribu pulau. Christian pun harus menempuh perjalanan tujuh jam untuk sampai di Indonesia.

Mendengar hal itu, Christian mengungkapkan kebahagiannya bisa berada di Indonesia. Ia turut berterima kasih atas sambutan hangat Presiden Jokowi tadi. 

"Saya ingin mengucapkan terima kasih atas upaya yang memungkinkan saya mengunjungi Ambon, tanah nenek moyang kami," tutur Christian.

Sebagai gantinya, ia turut mengajak Jokowi dapat mengunjungi Mikronesia di masa mendatang. 











































sumber : CNNIndonesia.com

Related

Dunia 1784980643231730692

Post a Comment

item