Bali Pasok 44 Atlet Asian Games

www.nusabali.com-bali-pasok-44-atlet-asian-games

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Komite Olimpiade Indonesia (KOI) kukuhkan Kontingen Asian Games XVIII 2018 di Istora Senayan Jakarta, Minggu (5/8). Teungkap, Bali menyumbang 44 atlet untuk berlaga dalam Asian Games XVIII di Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September 2018 mendatang.

Pengukuhan Kontingan Asian Games XVIII 2018 tadi malam dilakukan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMA) Puan Maharani, dengan dihadiri Menpora Imam Nahrawi, Ketua KOI sekaligus Ketua Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Tohir, dan CdM Komjen Pol Syafrudin yang merupakan Wakapolri. Acara pengukuhan dihadiri sekitar 350 orang, termasuk 6 atlet asal Bali.

Komjen Syafrudin mengatakan, Kontingen Indonesia di Asian Games 2018 berkekuatan 1.383 orang, terdiri dari 938 atlet dan sisanya ofisial. Para atlet akan bertanding di 40 cabang olahraga. "Sebagian atlet masih ada yang training camp, try out, dan latihan di Pelatnas, sehingga yang datang ke ara pengukuhan ini hanya 350 atlet. Kami siap mengharumkan nama bangsa melalui Asian Games," tegas Komjen Syafrudin.

Sedangkan Ketua KOI, Erick Tohir, mengatakan Indonesia menurunkan jumlah atlet terbanyak dibanding negara lainnya di ajang Asian Games 2018. Indonesia mengincar target tembus peringkat 10 besar. "Dengan jumlah 1.383, kita adalah peserta terbanyak. Ini menunjukkan kita bangsa besar. Mari kita penuhi target 10 besar yang diberikan pemerintah," jelas Erick Tohir.

Dari ribuan atlet yang membela Indonesia di Asian Games 2018, sebanyak 44 orang di antaranya asal Bali. Para atlet Bali ini akan bertarung di 14 cabang olahraga, yakni atletik, judo, karate, sepakbola, angkat besi, pencak silat, taekwondo, basket, golf, layar, menembak, skateboard, kurash, dan kabaddi. Termasuk di antaranya Maria Natalia Londa, ratu lintasan atletik peraih medali emas lompat jauh putri dalam Asian Games XVII 2014 lalu. 

Khusus di cabang kabaddi, dari total 24 atlet Asian Games yang diterjunkan Indonesia, sebanyak 21 orang di antaranya asal Bali. Bahkan, Bali berpeluang meloloskan 47 atlet ke Asian Games 2018. Ini jika 3 atlet basket yang bertarung di nomor 3x3 lolos ke Asian Games 2018. Mereka adalah Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, Regita Pramesti, dan Ni Putu Eka Liana Febiananda. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding Asian Games 2014 lalu ketika Bali hanya menyumbang 8 atletnya.

Sementara itu, dari 350 atlet yang hadir saat acara pengukuhan tadi malam, 6 orang di antaranya asal Bali. Mereka masing-masing pasangan Ni Made Dwi Yanti/Sang Ketut Sidan Wilantari (pesilat seni nomor ganda putri, Komang Harik Hadiputra (pesilat nomor laga Kelas E), Komang Suartana (atlet layar), Putu Wiradamungga Adesta (atlet kurash), dan Kadek Pratitta Citta Dewi (atlet basket). 

Para atlet Bali ini berjanji akan berjuang maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi negara di Asian Games 2018. "Astungkara, semoga kami mendapat medali emas," ujar pasangan ganda putri Sang Ketut Sidan Wilantari/Ni Made Dwi Yanti yang amat diandalkan di cabang pencak silat kepada NusaBali, di Istora Senayan Jakarta, Minggu kemarin.

Paparan senada juga disampaikan pesilat laga, Komang Harik Hadiputra, dan atlet layar Komang Suartana. Mereka berharap bisa naik podium dalam perhelatan olahraga multievent antar negara se-Asia tersebut. Demikian pula pebasket Kadek Prattita Citta Dewi dan atlet kurash Putu Wiradamungga Adesta.

Wiradamungga Adesta berharap Ketua KONI Bali dan Gubernur Made Mangku Pastika bisa menyaksikan langsung perjuangan mereka di Asian Games nanti. Menurut Adesta, kedatangan petinggi dunia olahraga dan Gubernur Bali dapat memberikan support dan motivasi kepada para atlet. 

"Berhubung kita menjadi tuan rumah, kapan lagi bisa menyaksikan Asian Games di sini? Semoga Ketua KONI Bali, Gubernur Bali saat ini maupun Gubernur Bali terpilih Wayan Koster bisa melihat perjuangan kami di Asian Games," ujar atlet asal Bangli yang mantan pejudo andalan Indonesia ini. 
































sumber : nusabali.com

Related

Olahraga 3140098503376806088

Post a Comment

item