Temui Menlu AS, Jokowi Bahas Situasi Korut dan Palestina

Temui Menlu AS, Jokowi Bahas Situasi Korut dan Palestina

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Mike Pompeo bertemu di Istana Merdeka, Jakarta pada Minggu (5/8). Pertemuan tersebut antara lain membahas situasi di kawasan Semenanjung Korea dan Palestina.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan keinginannya untuk ikut mendukung stabilitas dan perdamaian di Semenanjung Korea. Salah satunya, melalui ajang Asian Games yang bakal mulai digelar pada pertengahan bulan ini. 

"Dalam konteks P-to-P (private to private)-nya, Asian Games dapat digunakan. Karena kan yang penting dalam membahas proses perdamaian yang harus terus dijaga itu adalah trust, confidence-building measures harus dibangun terus," jelas Retno, seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet. 
Retno menjelaskan dalam kesempatan tersebut Pompeo juga menyampaikan hasil kunjungannya ke Korea Utara usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presiden Trump dan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un. Pompeo menyebut ada kemajuan, tetapi tak secepat yang diharapkan. 

Selain soal Korut, Presiden Joko Widodo membahas isu terkait Palestina dengan Pompeo. Jokowi menegaskan, meski bukan prioritas politik luar negeri Indonesia, masalah di Palestina menggores hati hampir seluruh masyarakat Indonesia. 
Untuk itu, Jokowi berharap AS mampu memberikan peran yang kontributif dalam proses perdamaian. 

"Presiden mengatakan bahwa two state solution is the only solution, karena solusi ini yang dinilai oleh Presiden paling valuable dan lasting, paling dapat dilakukan," kata Menlu.

Dalam pertemuan dengan Pompeo, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Dubes RI untuk AS Budi Bowoleksono












































sumber : CNNIndonesia.com

Related

Dunia 6850415344907864016

Post a Comment

item