37 Plang Kantor di Klungkung Beraksara Bali

www.nusabali.com-37-plang-kantor-di-klungkung-beraksara-bali

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Peresmian ditandai pembukaan selubung plang Kantor Bupati Klungkung, Jumat (5/10).    Peresmian ini dalam rangka pelaksanaan Program Bidang Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya Bali, sesuai Instruksi Gubernur Bali Nomor 2331 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang perlindungan dan penggunaan Bahasa, aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali serta penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali Secara Serentak di seluruh Bali. 

Ada 37 plang nama di Klungkung kini menggunakan Bahasa Bali. Bupati Suwirta mengatakan Pemkab Klungkung sudah melaksanakan Instruksi Gubernur tersebut, dengan tujuan untuk melestarikan adat dan budaya Bali. Bupati Suwirta meminta kepada OPD Pemkab Klungkung dan masyarakat Kabupaten Klungkung agar turut melaksanakan intruksi Gubernur tersebut. Bupati Suwirta mengucapkan Terimakasih kepada Gubernur Bali I Wayan Koster beserta Jajarannya yang telah menyusun Instruksi ini. "Melalui Instruksi Gubernur ini mengingatkan kita untuk tidak lupa dengan adat dan Budaya Bali," ujarnya.

Pemkab Klungkung berkomitmen dalam mendukung program-program Pemerintah Provinsi Bali, dengan melakukan sinergitas dengan visi Sad Kerthi yang dicanangkan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster dan jajarannya sebagai bagian daripada Provinsi Bali. Bupati Suwirta meresmikan Penggunaan Bahasa, Aksara, Dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali secara simbolis ditandai dengan menekan Tombol. "Untuk Kabupaten Klungkung ada 37 papan nama yang diresmikan secara serentak pada Jumat ini," ujarnya.

Untuk papan nama yang ada di Kabupaten Klungkung, akan dibuatkan permanen dengan dilengkapi pencahayaan yang berbeda dengan kreativitas dari masing-masing OPD di Lingkungan Pemkab Klungkung pada tahun 2019. Dalam penggunaan Aksara, Bahasa Bali dilaksanakan mulai hari ini kamis, 5 Oktober 2018 dengan tata cara penulisan. Penulisan aksara/huruf dilakukan dengan memperhatikan kualitas, etika, dan estetika. Apabila memungkinkan papan nama  kantor dan fasilitas publik lainnya agar memakai bingkai lampu hias/neon box, aksara/huruf memakai lampu hias, memakai lampu sorot, atau kreativitas lainnya. Untuk Penggunaan Busana Adat Bali akan mulai dilaksanakan pada Kamis, 11 Oktober 2018. Busana adat Bali digunakan setiap hari Kamis, Purnama-Tilem, dan hari Jadi Provinsi Bali dan Hari Jadi Kabupaten/Kota. Begitupula untuk Penggunaan Bahasa Bali akan mulai dilaksanakan pada kamis, 11 Oktober 2018. 






























sumber : nusabali.com

Related

Warta Semarapura 6136280725422003545

Post a Comment

item