Hal Buruk yang Akan Menimpa Manusia Jika Lebah Punah

Lebah Madu

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali  adalah salah satu mahkluk hidup yang tergolong sebagai hewan menguntungkan di dunia. Sebab, ada banyak hal yang diperbuat oleh lebah untuk manusia.
Mulai dari menghasilkan madu, hal yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Namun, pernahkah Anda membayangkan apa jadinya jika lebah punah atau tidak ada lagi di dunia?
Kekhawatiran ini tentu bisa saja terjadi. Apabila lebah benar-benar punah, maka akan ada sesuatu yang mengancam manusia.

1. Hilangnya Pasokan Madu
Jelas, jika lebah punah maka madu akan menghilang dari muka Bumi. Padahal, manusia telah memanen madu sejak 9.000 tahun silam.
Tak hanya menghasilkan madu, lebah juga akan menghasilkan lilin dan berguna bagi manusia. Madu sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Bukan itu saja, madu juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Banyak produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan dasar.
Madu bisa mengobati luka bakar dan kerap ditemukan dalam balsem. Mampu melegakan tenggorokan dan menyehatkan tubuh.
Jika madu hilang, maka manusia akan kehilangan satu bahan yang bisa jadi obat baik bagi tubuh.

2. Banyak Sayuran dan Buah yang Gagal Panen
Selain menghasilkan madu, lebah juga memainkan peran penting dalam ekosistem dunia.
Menurut sebuah laporan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dari 100 spesies tanaman yang menyediakan 90 persen pasokan makanan dunia, lebih dari 70 persen-nya diserbuki oleh lebah.
Menurut BBC, separuh dari semua makanan di toko kelontong akan hilang jika lebah punah. Ini termasuk makanan sehari-hari seperti almond, apel, alpukat, kacang mete, blueberry, anggur, persik, paprika, stroberi, jeruk, walnut, semangka.
Tentu saja, hilangnya makanan-makanan ini akan memiliki konsekuensi yang jauh dan sekedar mengerikan.

3. Penyerbukan Oleh Manusia
Satu hal yang mungkin dapat kita lakukan untuk menyelamatkan beberapa tanaman jika tak ada lebah yaitu dengan penyerbukan lewat bantuan manusia.
Hal ini sudah dilakukan di China. Tetapi, jangkauan manusia tidak sesempurna lebah. Para pakerja harus melakukan penyerbukan pada setiap bagian bunga yang jumlahnya ribuan.
Jika lebah benar-benar mati, manusia dapat menggunakan metode ini untuk menyerbuki beberapa buah dan sayuran, tetapi itu hanya akan dilakukan pada tanaman tertentu.


















sumber:liputan6.com

Related

Info Unik 342792461716758097

Post a Comment

item