Kapal China Mendekat Pulau Sengketa, Jepang Protes

Kapal China Mendekat Pulau Sengketa, Jepang Protes

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Jepang mengajukan protes secara resmi kepada China. Protes ini dilayangkan setelah kapal-kapal China yang berlayar di sekitar pulau yang disengketakan. Aksi ini dilakukan beberapa hari sebelum pertemuan bersejarah antara para pemimpin saingan Asia.

Juru Bicara Pemerintah Jepang, Yoshihide Suga menyebut hal itu sangat disesalkan, namun Tokyo tetap berharap bisa membawa hubungan Jepang dan China ke tingkat berikutnya.

Sebuah keluhan serupa juga datang sebelum Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe akan berangkat ke China untuk melakukan pembicaraan dengan presiden China, Xi Jinping pada pekan depan.
Perjalanan ini akan menjadi kunjungan resmi pertama ke China yang dilakukan oleh pemimpin Jepang selama tujuh tahun. 

Konsolidasi ini dilakukan oleh dua negara dengan ekonomi terbesar di Asia itu untuk memperbaiki hubungan tegang mereka yang sempat rusak karena Perang Dunia II.


Abe baru saja berkunjung ke China untuk menghadiri acara internasional dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terkait dengan hubungan antara kedua negara yang memburuk sejak 2012 ketika Tokyo menasionalisasi beberapa pulau yang disengketakan.
Sejak saat itu, dua negara ini mengambil langkah-langkah bertahap untuk memperbaiki hubungan mereka, namun belum berhasil.

China secara rutin mengirim kapal penjaga pantai dan kapal militer ke perairan di sekitar pulau. Pulau itu disebut Jepang sebagai Senkaku dan China menyebutnya pulau Diaoyu.





















sumber : CNNIndonesia.com

Related

Dunia 4342742816840593385

Post a Comment

item