Malaysia Tenggelamkan Enam Perahu Penerobos Wilayah Laut

Malaysia Tenggelamkan Enam Perahu Penerobos Wilayah Laut

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali  Badan Penegakan Maritim Malaysia (Maritim Malaysia) bekerjasama dengan Badan Taman Laut Malaysia menenggelamkan enam perahu nelayan asing di Besut, Trengganu, Minggu (14/10).

Kepala Maritim Negeri Pahang, Laksamana Muda Maritim Dato' Zulkarnain bin Mohd Omar mengatakan penenggelaman itu sebagai pesan sanksi tegas terhadap para penerobos wilayah maritim negara jiran tersebut. Selain itu, Zulkarnain menyatakan penenggelaman kapal itu diharapkan menjadi tempat bagi ekosistem laut.

"Cara ini dapat menggalakkan biodiversiti laut yang akan memberi manfaat kepada seluruh kehidupan di laut dengan kadar pembiakan yang lebih baik terutama pembiakan ikan di perairan negara," katanya seperti dikutip dari Antara.
Zulkarnain mengatakan pembuangan ini juga untuk menyampaikan pesan yang jelas kepada masyarakat lokal dan internasional bahwa Maritim Malaysia amat serius menangani isu masuknya nelayan asing di perairan negara ini.

"Berdasarkan statistik hingga kini sebanyak 320 perahu nelayan asing dan lokal telah dijadikan karang di seluruh Malaysia, manakala di negeri-negeri yang terletak di pantai Timur sebanyak 313 buah perahu nelayan asing dan di Negeri Kelantan sebanyak 156 buah telah dijadikan karang," katanya.

Pelaksanaan pembuangan dengan menenggelamkan yang akan menjadi biota bagi karang tersebut diharapkan bisa menambahkan pendapatan para nelayan.

"Wujudnya karang tiruan ini akan menjadi habitat kehidupan laut membiak, sekaligus menambahkan sumber ikan kepada nelayan setempat," katanya.

Dia mengatakan sejak Januari hingga kini sebanyak 101 perahu nelayan asing telah ditahan di perairan negara. Paling banyak, katanya, berasal dari Vietnam yakni 86 perahu nelayan.

Sedangkan statistik sejak 2006 hingga kini sebanyak 1.173 perahu nelayan asing telah ditahan kerana telah masuk dalam perairan negara jiran itu. Pun, kapal terbanyak berasal dari Vietnam yakni 698 adalah perahu nelayan.

Langkah tegas terhadap perahu asing penerobos wilayah maritim pun dilakoni Indonesia di bawah komando Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yakni dengan ditenggelamkan dengan cara diledakkan di tengah lautan. Terakhir, dikutip dari situs KKP, sebanyak empat kapal pelaku illegal fishing ditenggelamkan di Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, pada 4 Oktober lalu.



























sumber : CNNIndonesia.com

Related

Dunia 7208749511789968240

Post a Comment

emo-but-icon

item