Kirab Satu Negeri, Gelar Apel dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

Kirab Satu Negeri, Gelar Apel dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali  Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI Jakarta meggelar kegiatan Apel Banser dan Doa untuk Bangsa dan Pahlawan, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata, Jakarta, Minggu (14/10). 

Itu merupakan bagian dari agenda Kirab Satu Negeri (KSN) yang dilaksanakan di 34 Provinsi di Indonesia, dan puncaknya bakal digelar di Yogyakarta pada 24 Oktober mendatang.
Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta Abdul Aziz menyatakan pihaknya sengaja menggelar kirab dengan apel dan doa untuk bangsa di makam pahlawan tersebut.


"Dengan diselenggarakan di Taman Makam Pahlawan ini kita sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang telah memerdekakan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, serta berjuang dari segala pengganggu NKRI," katanya seperti dikutip dari rilis yang diterima CNNIndonesia.com

Azis menerangkan pihaknya bakal mempromosikan semangat #KitaIniSama Bela Agama, Bangsa, dan Negeri. GP Ansor, kata dia, berkomitmen agar tetap selalu menyuarakan kesamaan bagi setiap warga dan masyarakat di Indonesia serta bersemangat untuk selalu membela agama, bangsa, dan negeri.

Aziz mengatakan dalam dinamika saat ini ada sekelompok kecil yang mencoba mengganggu konsensus kebangsaan Indonesia yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan negara kesatuan RI.

"Untuk itu, GP Ansor berkewajiban mengingatkan," tegasnya.

Meskipun apel yang digelar PW GP Ansor Jakarta, sosok yang menjadi pemimpin upacara adalah Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah. Dalam apel itu pun dihadiri sejumlah unsur perwira TNI dan Polri serta masyarakat lintas agama.

Dalam apel tersebut diserahkan Pataka Bendera Merah Putih Kirab Satu Negeri dari tiga zona, yakni Sabang, Miangas, dan Rote ke PW GP Ansor DKI Jakarta. 

Setelah apel, acara dilakukan doa dan upacara tabur bunga para pahlawan di TMP Kalibata tersebut. 

"Kami memberikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan Kirab Satu Negeri GP Ansor. Melalui Kirab Satu Negeri masyarakat diingatkan untuk mencintai negeri ini," ujar Saefullah.

Selanjutnya dia mengatakan, Kirab Satu Negeri GP Ansor bersemangat dalam menyuarakan kesamaan bagi setiap warga dan masyarakat di Indonesia.

Puncak Kirab Satu Negeri yang akan dilaksanakan di Yogyakarta tanggal 24 Oktober 2018 nanti rencananya bakal dihadiri pula Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

































sumber: CNNIndonesia.com

Related

Indonesia 5983003167766140005

Post a Comment

emo-but-icon

item