Bupati Suwirta Pimpin Punguti Sampah Busuk

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Hujan yang mengguyur beberapa hari belakangan ini menyebabkan banyak sampah didarat hanyut sampai ke laut. Keadaan ini menimbulkan sejumlah pantai diserbu sampah kiriman, seperti yang terjadi disepanjang pantai Watu Klotok, kecamatan Klungkung. Untuk mengatasi permasalahan sampah ini, Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan mengadakan aksi bersih bersih pantai yang yang diikuti oleh seluruh ASN dilingkungan Pemkab Klungkung dan sekaligus dikaitkan dengan HUT KORPRI ke-47 Tahun 2018, Jumat (16/11/2018).  
Aksi ini dipimpin langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Dengan tanpa rasa canggung, Bupati asal Nusa Ceningan ini memunguti sampah yang sudah mengeluarkan bau busuk. Sampah berupa bangkai binatang,plastic kemasan makan minum, pakaian, daun daunan, hingga dahan pepohonan yang besar besar dipunguti tanpa rasa ragu. Berkat aksinya ini, sejumlah ASN yang sebelumnya nampak berteduh jadi  kemudian mengikuti aksi Bupati memunguti sampah sampah ini.
Saat ditanyai terkait aksinya itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan semua yang dilakukan bukanlah karena dirinya belog ajum dan juga bukan sebagai upaya pencitraan. Namun dirinya berusaha untuk memposisikan diri kapan menjadi seorang pemimpin dan kapan menjadi seorang panutan. Menurutnya dengan menjadi panutan maka orang orang disekitar yaitu para pegawai ASN otomatis akan ikut tergerak untuk melakukan aksi pungut sampah.
Terkait penataan Pantai Watu Klotok, Bupati Suwirta mengatakan tahun ini sudah dilakukan perencanaan sehingga tahun depan bisa dilakukan penataan. Posisi parkir dan warung akan ditata lebih baik sehingga tidak semberaut seperti keadaan sekarang ini. “Kita punya laut, punya pantai semua akan kita tata sebaik mungkin sehingga orang orang akan betah berwisata ke pantai ini, namun semua harus siap mendukung saat dilakukan penataan ini pada pantai Watu Klotok ini,” ujar Bupati Suwirta.
Sementara itu Kepala Dinas DLHP A.A. Kirana mengatakan, pantai watu Klotok diserbu sampah kiriman dari laut semenjak dua hari lalu. Sampah tersebar disepanjang pantai yang menimbulkan bau yang tidak sedap serta pemandangan tidak elok. Kirana mengaku  pihaknya akan terus berupaya membersihkan pantai ini dari sampah, mengingat Pantai Watu Klotok merupakan salah satu destinasi wisata dan tempat surfing favorit sejumlah wisatawan asing. Untuk mengangkut dan memindahkan sampah ini,  dahan dahan pohon yang besar dipotong terlebih dahulu menggunakan sebuah mesin cainsaw sehingga mudah untuk dipindahkan.
HUMASKLK/Jim

Related

Warta Semarapura 4095979605994762984

Post a Comment

item