Sukses Dorong Peningkatan UMKM, Klungkung Terima “Natamukti” ICSB Indonesia

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Kabupaten Klungkung sukses mendapat Penghargaan Natamukti dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan karena Klungkung dinilai berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas serta membangun ekosistem Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah. Penghargaan Natamukti diterima Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dari Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, A.A Gede Ngurah Puspayoga pada acara penganugerahan penghargaan ICSB Indonesia City Award 2018 di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang Selatan, Kamis (15/11/2018).
Bupati Kungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan penghargaan ini adalah merupakan penghargaan yang diraih dari penilaian yang dilakukan oleh tim independent. Dengan didapatnya penghargaan ini akan menjadi penyemangat dalam melakukan kepedulian terhadap UMKM yang merupakan pondasi dari pada ekonomi. "Mudah-mudahan dengan penghargaan ini kita akan lebih semangat lagi melakukan kepedulian terhadap UMKM yang mana ini merupakan pondasi dari pada ekonomi, karena dalam situasi apapun koperasi dan umkm tetap bisa bertahan," ujar Bupati Suwirta.
Bupati yang sebelumnya malang melintang didunia perkoperasian ini menyatakan ditengah persaingan dan serbuan para pengusaha-pengusaha dari luar, masyarakat atau pelaku UMKM di Klungkung harus bisa menjadi tuan rumah didaerah sendiri. Sehingga saat berkompetisi nanti tidak berbicara dari mana, tetapi siapa yang kuat, siapa yang mampu bertahan dan siapa yang inovatif itu yang akan mampu menang dalam persaingan. "Tentu dengan koperasi dan umkm ini masyarakat Klungkung bisa menjadi tuan rumah didaerah sendiri ditengah persaingan atau serbuan pengusaha-pengusaha dari luar. Sehingga saat berkompetisi nanti kita tidak bicara dari mana, tetapi siapa yang kuat siapa, yang mampu bertahan dan siapa yang inovatif itu yg mampu menang dalam persaingan," jelasnya.
Disamping itu, tambah Bupati Suwirta bentuk perhatian pemerintah terhadap umkm di Klungkung tidak hanya dalam bentuk sarana prasarana saja, tetapi bantuan anggaran. "Selain prasarana, anggaran juga kita bantu, seperti pasar, koperasi, KUD kita juga bantu permodalan dan prasarana," imbuhnya.
Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, A.A Gede Ngurah Puspayoga menyatakan pemberian penghargaan yang dirangkaikan dengan Gebyar UKM Tahun 2018 sangat strategis untuk kewirausahaan. Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat. Meningkatknya pertumbuhan ekonomi ini harus dikejar dengan kesejahteraan masyarakat. "Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi harus ada pemerataan kesejahtwraan," ujar Menkop UKM Puspayoga.
Sebelumnya, Presiden ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya mengatakan ICSB adalah sebuah organisasi nirlaba Internasional yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah diseluruh dunia. Di Indonesia, UMKM sebagai penggerak roda perekonomian utama saat ini menjadi perhatian pemerintah dan lembaga Internasional. Peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal. "ICSB Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) menginisiasikan sebuah penghargaan Piala Natamukti, sebagai apresiasi kepada kota dan kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing," ujarnya. 
(nom/HmsKlk)

Related

Warta Semarapura 4722718888952778866

Post a Comment

item