Serahkan Bantuan Hingga Malam, Bupati Suwirta Ingatkan Untuk Tidak Malu Ungkap Data Kemiskinan

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Sebagai wujud kepedulian kepada warga terkena musibah bencana alam, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta dan Kepala BPBD Klungkung Putu Widiada menyerahkan dana Bantuan Tidak Terencana kepada sebanyak 14 warga tiga kecamatan di Klungkung Daratan Selasa (18/12/2018). Perjalanan dimulai pada pukul 4 sore, meskipun sempat diguyur hujan, namun tidak menghentikan rombongan Pemda Klungkung untuk terus menyerahkan bantuan hingga selesai pukul 19.30 malam.
Penerima bantuan ini diantaranya I Wayan Suwita asal Dusun Peken Desa Aan banjarangkan, I Gusti Made Sueca asal Desa Nyalian Banjarangkan, I Ketut Rono Desa Negari Banjarangkan, I wayan Sukendra asal br. Kacang Dawa Desa Kamasan, I Wayan Suda Dusun Minggir Desa Gelgel, I Ketut Silayadnya asal Desa Selisihan Klungkung, serta delapan orang asal Dusun Gembalan Desa Selat, yakni I Nengah Lena, I Nengah Rarud, I Wayan Sujana, I Ketut Mertajati, I Ketut Sumantra, I Wayan Suasa, I Komang Widnya dan Nyoman Resmi.   
Para penerima ini merupakan korban sejumlah bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu, diantaranya bencana angin puting beliung dan sejumlah gempa Lombok yang terasa hingga ke Klungkung. Akibat bencana tersebut sejumlah bangunan para penerima bantuan tersebut mengalami kerusakan ringan. Nilai bantuan yang diberikan bervariasi, dari Rp 1,5juta hingga Rp 2jt, sesuai kerusakan bangunan yang diderita.
Selain menyerahkan Bantuan Tidak Terencana, Bupati Suwirta juga memberikan bantuan kebutuhan dasar seperti sambungan listrik dan air PDAM kepada lima orang warga, sebagai tindak lanjut dari program Bedah Desa. Ida Ayu Oka Candrawati mendapatkan bantuan sambungan listrik, sedangkan Nyoman Nami mendapatkan bantuan sambungan listrik dan PDAM, keduanya merupakan desa warga Desa Tusan, Banjarangkan. Sedangkan di wilayah Dusun Koripan ,Banjarangkan yakni  Made Cakri dan Sang Ayu Sayang menerima bantuan sambungan Listrik dan air PDAM sedangkan Kadek Sinta menerima bantuan sambungan listrik saja.Wiliyah Desa Tusan dan Koripan sebelumnya telah dilakukan bedah desa oleh Bupati Suwirta pada 20 Oktober 2018 lalu.
Bupati Suwirta mengatakan, perangkat desa harus jujur mengungkapkan data kemiskinan warganya. Jangan sampai ada warga yang dilupakan atau sengaja disembunyikan statusnya karena ingin memberikan laporan yang baik kepada Bupati  atau pemerintah. Kepada para komunitas sosial Bupati suwirta mengajak untuk bekerjasama menemukan warga miskin. Selanjutnya akan dilakukan pemberian bantuan sehingga tidak ada warga yang terabaikan. “ kita tidak usah malu untuk menunjukan gambaran kemiskinan didesa masing masing, malah dengan kita mengetahui keadaan yang sesungguhnya kita akan segera memberikan bantuan baik itu dari pemerintah maupun CSR, untuk itu mari kita bersama sama menemukan warga kita yang kurang beruntung  untuk selanjutnya kita bantu sehingga pada tahun 2020 Klungkung akan benar benar bebas dari potret kemiskinan,” ujar Bupati Suwirta.  

Related

Warta Semarapura 6800631817127638512

Post a Comment

item