AS Tangkap Tiga Terduga Simpatisan ISIS di Bandara Michigan

AS Tangkap Tiga Terduga Simpatisan ISIS di Bandara Michigan

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali    Otoritas Amerika Serikat menahan tiga warganya yang merupakan keturunan Kenya di Bandara Gerald Ford, Michigan, pada Selasa (22/1). Mereka diduga adalah pendukung kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Ketiga pria yang dilaporkan berusia sekitar 20 tahun itu diduga menyatakan sumpah setia kepada ISIS dalam sebuah video. Ketiganya diketahui bernama Muse Abdikadir Muse atau Muse Muse, adiknya Mohamud Badikadir Muse, dan seorang kerabat Mohamed Salat Haji.

Mereka diketahui merupakan warga naturalisasi AS dari Kenya dan diduga memberikan dukungan materi atau sumber daya bagi ISIS.
Dalam video itu, mereka juga turut membahas rencana teror jika salah satu dari mereka gagal pergi ke luar negeri untuk mendukung ISIS.


Pengadilan federal mengatakan Biro Investigasi Federal (FBI) telah mengerahkan agen rahasia yang menyamar untuk menjalin kontak dengan para tersangka. Para agen itu juga dikerahkan untuk memantau komunikasi antara ketiganya di media sosial.

Dikutip AFP, ketiganya ditangkap saat Muse tengah diperiksa di pos pemeriksaan bandara. Otoritas mengatakan pria 23 tahun itu tengah melakukan pemeriksaan (check in) sebelum terbang menuju Mogadishu, Somalia, dengan tujuan untuk bergabung dengan ISIS.
Muse masuk radar aparat keamanan AS sejak 2016 lalu ketika ia diduga mengunggah pesan-pesan pro-ISIS melalui akun media sosial Facebook secara terbuka.

Dalam salah satu komunikasinya dengan agen FBI yang menyamar, Muse dilaporkan mengaku bahwa dirinya ingin bergabung dengan ISIS di Somalia agar bisa merasakan bertempur di garis depan.
Polisi juga menangkap Mohamud dan Mohamed di terminal bandara. Keduanya diduga juga telah membeli tiket pesawat.

























sumber : CNNIndonesia.com

Related

Dunia 8371296488191496342

Post a Comment

emo-but-icon

item