Gempa Magnitudo 5.0 Guncang Tapanuli Utara

Gempa Magnitudo 5.0 Guncang Tapanuli Utara

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali    Gempa berkekuatan magnitudo 5.0 mengguncang Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Selasa (15/1). Aktivitas gempa terdeteksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).BMKG mencatat gempa Tapanuli Utara terjadi sekitar pukul 06.59 WIB.
Lokasi gempa di 1.80 Lintang Utara, 99.12 Bujur Timur, pusat gempa berada di laut tepatnya 26 kilometer Tenggara Tapanuli Utara, Sumatera Utara.
Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer dan tidak berpoteni tsunami.View image on Twitter


Wilayah Tapanuli Utara sebelumnya sempat diterpa isu tsunami yang membuat geger warga pada pekan lalu.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono belakangan mengatakan sensor BMKG tidak mencatat aktivitas kegempaan di Tapanuli, Sumatera Utara, dan sekitarnya. Masyarakat diminta tidak mempercayai isu tsunami yang beredar pada Kamis (10/1).

"Kami segera melakukan analisis rekaman data sinyal seismik di sensor terdekat dimana hasilnya tidak ada aktivitas kegempaan di Tapanuli dan sekitarnya," kata Rahmat dikutip Antara.

Pernyataan itu menjawab kekhwatiran warga Sibolga dan Tapanuli Tengah yang sempat berhamburan dari rumah pada Kamis dini hari setelah beredar isu tsunami.























sumber : CNNIndonesia.com

Related

Indonesia 6947917746448373083

Post a Comment

emo-but-icon

item