Panda hingga Ping-Pong, Ini 3 Kisah Diplomasi Unik Sejumlah Negara

Panda Menyambut Tahun Baru Imlek

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Diplomasi adalah upaya negosiasi yang dilakukan seseorang (biasanya diplomat atau siapa saja) yang biasanya mewakili sebuah negara atau organisasi.
Kata diplomasi sendiri biasanya langsung terkait dengan diplomasi internasional yang biasanya mengurus berbagai hal seperti budaya, ekonomi, dan perdagangan.
Namun, diplomasi itu sendiri tak melulu terjadi di ruang sidang sebuah forum. Kadang, ada saja diplomasi yang terbilang unik melalui sejumlah media.
Mulai dari makanan hingga hewan. Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Senin (11/2/2019) berikut 4 diplomasi unik yang dilakukan sejumlah negara:

1. Diplomasi Panda


China telah menggunakan panda untuk diplomasi sejak Dinasti Mao Zedong. Idenya adalah untuk meminjamkan panda kepada pemerintah asing dalam upaya untuk membina hubungan yang lebih dekat.
Mendapatkan panda dari China tidak berarti negara penerima adalah negara yang akan jadi sahabat selamanya. Ini hanya langkah pertama. Analis telah memperhatikan bahwa transaksi menguntungkan sering terjadi usai adanya pinjaman panda China.
Pada 2011, pemerintah Skotlandia menandatangani kontrak senilai 2,6 miliar Pound Sterling dengan China setelah menerima beberapa panda.
Negara-negara seperti Australia, Kanada, dan Prancis juga menjual uranium ke China setelah menerima panda.

2. Gastrodiplomacy


Gastrodiplomacy adalah penggunaan makanan untuk menjalin hubungan yang lebih bersahabat dengan negara lain.
Diplomasi ini banyak digunakan di Amerika Serikat, dan negara-negara seperti Korea Selatan dan Thailand yang melatih warganya untuk memasak hidangan nasional mereka sebelum mengirimnya ke AS.
Sekarang Anda tahu mengapa restoran Thailand dan Korea populer di AS. Hilary Clinton berusaha menciptakan gastrodiplomacy versi AS sementara dia menjadi menteri luar negeri kala itu.
Menariknya, gastrodiplomacy bukanlah hal baru. Ini telah digunakan sejak Roma kuno, ketika Romawi mengundang musuh-musuh mereka ke prasmanan.

3. Diplomasi Kapal Perang


Diplomasi kapal perang. Seringkali, istilah ini mengacu pada penggunaan kapal perang untuk mengintimidasi saingan yang lebih kecil sampai mereka menyetujui apa pun yang diinginkan negara yang mengerahkan kapal perang itu.
Istilah ini juga dapat digunakan untuk tampilan kekuatan militer yang lebih umum. Beberapa negara, termasuk AS, menggunakan diplomasi kapal perang pada abad ke-19 dan ke-20.
Presiden Theodore Roosevelt sering menggunakan kapal perang untuk mengintimidasi pemerintah negara-negara kecil seperti Haiti, Panama, Kolombia, dan Nikaragua.










sumber : liputan6.com

Related

Info Unik 7061123901534000882

Post a Comment

emo-but-icon

item