Manfaat Besar dari Biji Pepaya

Manfaat Besar dari Biji Pepaya

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Apa yang bisa dinikmati dari pepaya? Daun dan bunganya bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Bahkan daunnya kerap diolah sebagai bahan minuman tradisional alias jamu. Buahnya yang masih muda pun bisa diolah bersama masakan berkuah santan. Sementara buah yang sudah matang pun bisa langsung dikonsumsi. Hampir semua bagian pohon pepaya bisa dimanfaatkan. 

Akan tetapi orang kerap melupakan biji pepaya. Biji buah ini biasanya dibuang saat buah dimakan. Padahal ada beberapa manfaat yang bisa dinikmati dari biji pepaya.

1. Melindungi fungsi ginjal


Ginjal memainkan peranan penting bagi tubuh sebagai 'mesin pembuang' racun atau sampah dan kelebihan cairan dari tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi biji pepaya dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan ginjal. 

Dilansir dari Healthline, studi pada hewan membuktikan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mencegah kerusakan ginjal pada tikus. 
2. Antikanker

Biji pepaya mengandung komponen antioksidan dan nutrisi sehingga bisa dijadikan sebagai antikanker. Sebuah tes menemukan bahwa biji pepaya yang berwarna hitam bisa menurunkan infalamasi dan melawan perkembangan sel kanker. 

Sementara itu pada tes berbeda, biji pepaya efektif mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat. Studi-studi ini memberikan hasil menjanjikan meski masih diperlukan studi lanjutan. 

3. Jaga Pencernaan

Tak hanya buahnya, biji pepaya pun bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Kandungan seratnya membuat proses pencernaan lancar hingga proses sekresi. Konstipasi pun bisa dicegah. 

4. Tingkatkan kesuburan

Biji pepaya bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Bagi pria, biji pepaya dapat meningkatkan produksi sperma, sedangkan pada wanita, biji pepaya dapat membantu produksi dan peningkatan kualitas sel telur. 
5. Bantu atasi jerawat

Tak perlu menggunakan obat-obatan kimia, biji pepaya dapat membantu mengatasi jerawat. Kali ini padukan dengan daun pepaya untuk manfaat ekstra.

Buat pasta dari biji dan daun pepaya. Oleskan pasta ini pada jerawat dan biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas. Pastikan tak ada sisa pasta pada kulit. Pasta biji dan daun pepaya membantu memperbaiki jaringan kulit yang mengalami jerawat. 

6. Bantu proses detoksifikasi tubuh

Detoksifikasi adalah proses membersihkan tubuh dari toksin atau racun. Biji pepaya mengandung komponen antibakterial, anthelmintiv dan antioksidan yang mengusir racun-racun dari dalam tubuh. 























sumber : lifestyle.com

Related

Gaya Hidup 4386289256741204

Post a Comment

emo-but-icon

item