RSPI Minta Bantuan Tenaga Medis Dinkes DKI untuk Perluas Ruang Isolasi

Negatif Corona, Satu WNA Dipulangkan dari RSPI Sulianti Saroso

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Mohammad Syahril menyatakan, pihaknya berencana memperluas ruang isolasi tahap dua. Namun, untuk itu dibutuhkan penambahan tenaga medis.
"Kita membutuhkan bantuan tenaga dokter, perawat, analis, farmasi, kesehatan lingkungan dan seterusnya," kata Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Rabu (18/3/2020).
Syahril berencana meminta bantuan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Kementerian Kesehatan untuk tambahan tenaga medis jika rencana ini jadi dilakukan. 
"Sudah kita susun kebutuhan-kebutuhan itu, termasuk alat pelindung diri. Begitu perluasan 15 tempat tidur, kita sudah harus memprediksi berapa kebutuhan sebulan, berapa kebutuhan seterusnya," katanya.
Selain tim medis, Syahril mengatakan, dengan adanya perluasan itu pihaknya bisa menambah 90 tempat tidur.
"Total akan 90 tempat tidur," pungkas Syahril.
Seperti diketahui sebelumnya RSPI Sulianti Saroso sudah memiliki 11 ruang isolasi dan 15 tempat tidur untuk pasien COVID-19.
Pemerintah gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat menjaga jarak atau social distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pemerintah juga terus melakukan tracing warga yang bersinggungan langsung dengan pasien positif Covid-19.
Juru bicara pemerintah Indonesia untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, jika hal tersebut dilakukan, pemerintah optimistis kasus akibat virus Corona tersebut berkurang pada April 2020. 
"Kita harap setelah dilaksanakan kegiatan dengan masyarakat, pada April mulai bisa terlihat hasilnya dan mulai terkendali," ujar Yuri di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (18/3/2020).
Menurut dia, jumlah pasien positif Covid-19 memang terus naik. Dia menilai hal ini wajar dan dialami seluruh negara yang terserang virus Corona.
Terlebih pemerintah gencar melakukan tracing dan masyarakat mulai sadar akan pentingnya pemeriksaan diri terkait Covid-19.
"Sekarang naik, karena kontak tracing secara intens dilakukan sehingga makin banyak ditemukan. Kedua, kesadaran masyarakat bahwa mereka makin peduli dan mau diperiksa," kata Yuri.






















sumber : liputan6.com

Related

Indonesia 4046888841853589344

Post a Comment

emo-but-icon

item