Kemenkop UKM Mulai Sensus UMKM Tahun Depan


Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - 

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bakal menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melakukan sensus terhadap pelaku UMKM di seluruh Indonesia mulai tahun depan.

Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim mengatakan program tersebut bertujuan untuk mempermudah pemerintah dalam perumusan dan pengambilan keputusan terkait pemberdayaan UMKM.

"Kami akan bermitra, bekerja sama dengan BPS untuk melakukan sensus. Kami ingin sampai ke pelapak sehingga kami punya mapping dan punya prioritas sehingga lebih mudah dalam mengambil kebijakan," ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (23/2).

Arif menjelaskan sensus tersebut juga akan terus diperbarui tiap tahunnya agar pemerintah dapat memantau perkembangan UMKM dalam negeri. Melalui sensus tersebut kementeriannya juga berharap pemerintah memiliki konsep dan definisi yang jelas terkait UMKM dan bisa digunakan seluruh kementerian maupun lembaga.

"Jadi melalui sensus itu secara tahunannya akan di update baik itu melalui survei maupun melalui pencatatan data-data yang berasal dari administrasi yang tersebar di dinas-dinas koperasi dan UKM," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap pengembangan UMKM akan terus membaik dengan adanya data tunggal serta implementasi aturan turunan Undang-Undang Cipta Kerja, salah satunya Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 2021.

"Ini yang saya kira kapasitas produksi dan daya saing menjadi agenda besar yang akan jadi prioritas dalam pelaksanaan UU cipta kerja di PP ini. Kami optimis dengan PP ini perkembangan koperasi dan UMKM akan menjadi lebih baik," tandasnya.



CNNIndonesia

Related

Berita Ekonomi 2124390937711925301

Post a Comment

emo-but-icon

item