TOSS Klungkung Jadi Salah Satu Role Model Pengelolaan Sampah di APKASI


Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Apkasi Wilayah Bali, menghadiri Rapat Kerja Nasional XIV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2022 dan dirangkaikan dengan HUT APKASI ke-22. Acara tersebut berlangsung di Hotel Pullman Vimala Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/6).

Suasana hangat dan penuh kekeluargaan mewarnai jalannya Rakernas Apkasi Tahun 2021 yang dibuka langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dan dihadiri oleh 416 Bupati sebagai kepala Daerah pemerintah Kabupaten se-Indonesia atau yang memawikil dengan mengangkat tema "Dengan Semangat Kolaborasi, Kita Sukseskan KTT G20 untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional yang Kuat dan Berkelanjutan".

Dimana Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Gema Santi Klungkung mendapat apresiasi dari Menteri Dalam Negeri sebagai salah satu aksi pembangunan rendah karbon, pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di sektor limbah. "ini salah satu contoh pengelolaan sampah yang baik dan benar, yang mau menerapkannya silakan belajar ke klungkung," ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dalam sambutannya. 

Dirinya mengapresiasi Program Inovasi Pemkab Klungkung TOSS Gema Santi dalam mengelola sampah dengan konsep mengelola sampah dari sumbernya. Mendagri mengharapkan agar pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dapat belajar dari Pemkab Klungkung. "mudah-mudahan bisa direplikasikan di berbagai wilayah di Indonesia. Inovasi TOSS Gema Santi dapat menjadi role model dalam bidang pengelolaan sampah berbasis pengelolaan dari sumbernya," imbuhnya. 

Terkait dengan TOSS Center yang di apresiasi oleh Mendagri Bupati Suwirta terus melakukan proses penyempurnaan sehingga TOSS Center kian pantas menjadi objek studi daerah lain dalam mengelola dan mengatasi masalah sampah. “kedepannya paya ini terus dilakukan agar sistem pengolahan sampah disini terus berjalan maksimal. Setiap kekurangannya kita sempurnakan lagi. Masukan dan saran terus kita akomodir untuk menjadikan tempat ini tempat yang layak untuk belajar mengelola sampah," ujarnya. 

Lebih lanjut Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Apkasi Wilayah Bali, berharap APKASI sebagai fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat, memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi, pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerinitah daerah serta mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapai persaingan regional dan global. "Melalui Apkasi sebagai penyedia Advokasi, Mediasi dan Fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dengan segala potensi-potensi yang dimiliki bisa dikembangkan untuk bisa mensejahterakan masyarakat," harap Bupati Suwirta

Sementara Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E.,Bupati Dharmasraya mengatakan, Apkasi tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya, telah menjadi mitra strategis pemerintah maupun lembaga lain yang memiliki visi yang sama dengan Apkasi dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah. Kegiatan hubungan kelembagaan yang dilakukan Apkasi telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap program-program pembangunan nasional. Eksistensi Apkasi setidaknya telah menjadi main resource bagi sejumlah lembaga penggiat otonomi daerah dalam memahami perkembangan dan pembangunan daerah dengan memecahkan masalah serta berkolaborasi yang baik. "Ada empat rangkaian agenda kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan tersebut, yaitu Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas), Turnamen Golf Charity Cup, pertandingan sepak bola persahabatan antara Tim Apkasi Pusat dengan Tim Pemerintah Kabupaten Bogor, dan Pemilihan Putri Otonomi Daerah Tahun 2022," ujar Sutan Riska Tuanku Kerajaan.


Humas Klungkung

Related

Warta Semarapura 1566778268148113602

Post a Comment

emo-but-icon

item