Mesin Pengolah Residu, Mampu Tuntaskan Sisa Residu di TOSS Center


Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kadis DLHP Klungkung, I Ketut Suadnyana meninjau Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Kamis (5/1).

Dalam kunjungannya Bupati Suwirta meninjau kerja mesin pengolah residu dengan kapasitas hingga 50 ton dalam sehari. Pengolahan sampah residu sisa dari pemilihan TOSS akan diolah mejadi RDF, pelet, dan pupuk kompos. Dimana sistem pengolahan sampah TOSS Center ini mampu mengolah sampah dengan baik dan menjadi rol model.

Dijelaskan, sebelum ada alat RDF ini sampah yang diolah hampir 50 persen di bawa ke TPA dan sekarang tidak begitu banyak sampah yang ke TPA. "Adanya alat ini mampu mengolah sampah residu dan dipilah secara otomatis yang mengasilkan RDF (Refused Derived Fuel) berupa organik dan SRF (Solid Recovered Fuel) berupa plastiknya," jelas Bupati Suwirta

Hasil pengolahan residu sampah itu dapat menjadi komoditi energi baru terbarukan (EBT) "Jadi mari bersama-sama bersatu menjaga komitmen dan tentunya ikut mendukung program TOSS ini," harap Bupati Suwirta.


Sumber : Humas Klungkung

Related

Warta Semarapura 7568083799605433864

Post a Comment

emo-but-icon

item