iBlind, Tablet untuk Tuna Netra Buah Karya Mahasiswa UGM

 Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Sebuah inovasi gadget datang dari dua mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM). Kedua mahasiswa yang bernama Hanif dan Kresna itu menciptakan Tablet untuk tuna netra yang disebut iBlind.

Hanif dan Kresna mengaku mendapat ide membuat iBlind setelah membantu tetangga mereka yang tuna netra untuk membacakan SMS dan menelepon. Ide tersebut kemudian dirancang sebagai sebuah prototipe Tablet, yang akan mengolah kode huruf digital menjadi huruf braille.

"Alat ini bekerja dengan cara menerima pesan melalui modul GSM, kemudian kode huruf digital yang diterima modul GSM ditransfer ke software untuk kemudian diolah menjadi braille pada display," jelas Hanif. "Prototipe ini baru 1 karakter saja, tapi nanti kami akan desain Tablet dengan 50 karakter sekaligus. Jadi membacanya tidak satu-satu lagi tapi bisa langsung."

Hanif dan Kresna juga berencana untuk membuat prototipe Tablet mereka lebih aplikatif, sehingga akan mudah digunakan oleh tuna netra. "Kalau sekarang masih terpisah seperti ini, belum aplikatif, tapi kami sudah merancang supaya tiga bagian yakni display, modul GSM dan software dijadikan satu," kata Hanif. "Bentuknya seperti tablet biasa, bedanya layarnya berisi kode braille."

Karya kedua mahasiswa ini pun telah mendapatkan apresiasi yang baik. Hal tersebut terbukti dari penghargaan yang mereka peroleh yakni penghargaan berkategori technology for special needs kontes International Exhibiton of Young Inventor (IEYI) dan Nation Young Inventor Award tahun 2013 
 
Source : wowkeren.com

Related

Teknologi 3202994577116445354

Post a Comment

emo-but-icon

item