PERKUAT KEANDALAN LISTRIK DITIGA NUSA, PLN TAMBAH DUA MESIN 1,3 MW PLTD KUTAMPI

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali, Amin Subekti meresmikan dua unit mesin pembangkit PLTD berkapasitas 2 x 1,3 MW untuk wilayah Kecamatan Nusa Penida, Selasa (16/8). Penambahan dua unit PLTD ini adalah  untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di tiga kepulauan Kecamatan Nusa Penida yang meliputi Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Peresmikan penambahan dua mesin pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan kapasitas masing-masing 1,3 MW dilakukan di PLN Kutampi Nusa Penida. Total daya kapasitas pembangkit di PLN Kutampi saat ini sebesar 5,6 megawatt (MW) dengan beban puncak mencapai 5,3 MW. Dengan cadangan daya yang hanya 285 kilowatt dan pertumbuhan kebutuhan listrik yang terus meningkat di kawasan Tiga Nusa maka perlu dilakukan penambahan kapasitas pembangkit.

“Penambahan mesin dengan kapasitas 2 x 1,3 MW PLTD Kutampi diharapkan mampu mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta memperkuat sistem kelistrikan di kawasan Tiga Nusa,” ungkap Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PT PLN (Persero) Amin Subekti. Jika terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi sebesar 30%, maka kebutuhan listrik akan dapat terpenuhi dengan adanya dua mesin ini.

Senada dengan itu, Manajer PLN Area Bali Timur I Made Suamba mengatakan dengan penambahan dua mesin pembangkit, maka cadangan listrik di kawasan tiga Nusa mencapai 2,8 MW. “Saat ini, PLTD Kutampi  memasok kebutuhan listrik ke Tiga Nusa yang meliputi Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan melalui jaringan yang terkoneksi. Wilayah tiga Nusa berada dalam lingkup kerja PLN Rayon Klungkung yang juga didukung oleh pos pelayanan teknik di masing-masing pulau dan upaya untuk memperkuat pasokan listrik di Tiga Nusa terus menjadi perhatian kami”, tutup Suamba

Sementara itu dalam kesempatannya Bupati Suwirta menyampaikan apresiasi atas kerja nyata yang telah dilakukan PLN Bali. Dengan kehadiran dua mesin PLTD ini, maka salah satu persoalan mendasar yang dihadapi warga sudah dapat teratasi. Kesigapan dan reaksi cepat personil PLN dalam Menaggapi keluhan listrik padam juga menjadi sorotan bupati."Selain kehadiran dua mesin PLTD ini saya harapkan pula kesigapan dan reaksi cepat personel PLN dalam menindaklanjuti setiap keluhan pelanggan," ujar Bupati asal Ceningan ini. Dengan dukungan  2 x 1,3 MW PLTD, pesatnya perkembangan dan pembangunan pariwisata yang dibarengi dengan peningkatan kebutuhan akan listrik di kecamatan Nusa Penida akan dapat diantisipasi.(HUMASKLK/Jim)

Related

Warta Semarapura 5890232748454133314

Post a Comment

emo-but-icon

item