Cak Inovasi SMA Negeri 2 Semarapura Pukau Ratusan Penonton di Catus Pata Klungkung


Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Tarian Cak Inovasi SMA Negeri 2 Semarapura memukau ratusan penonton pada pagelaran seni Klungkung Menari, di panggung terbuka Monumen Puputan Klungkung, Sabtu (25/2). Tarian Cak yang dibawakan oleh 180 orang siswa ini, dipadukan dengan suara dari alat musik perkusi berupa jimbe, kendang, dan alat ritmis berupa ceng ceng kopyak. Dari perpaduan ini mengasilkan irama musik yang indah yang diiringi dengan gerakan khas tari cak. Sontak pertunjukan seni ini mengundang para pengguna jalan yang melintasi Carus Pata untuk berhenti dan menikmatinya.

Dalam tari Kecak Inovatif modern ini disajikan pertunjukan yang mengisahkan sebuah cerita tentang raja Prabu Iswarya dan Sang Permaisuri Ni Diah Tantri yang amat termahsyur dan memerintah kerajaan dengan sangat bijaksana. Sang permaisuri Diah Tantri menceritakan kisah dua orang raja yaitu Prabu Singa dan Prabu Mandaka yang sama sama menguasai hutan dan selalu berperang karena memiliki paham yang berbeda. Kedua raja ini  pun akhirnya tewas dalam pertempuran yang dahsyat.

Pelatih tari Wayan Diana mengatakan, tarian cak inovatif yang berpadu dengan alat musik perkusi ini pernah ditampilkan dalam pagelaran Nawanatya Bali Mandara di Denpasar tahun lalu. Untuk penampilannya kali hanya memerlukan waktu persiapan selama seminggu.
Aksi para siswa SMAN 2 Semarapura itu pun turut disaksikan Ny. Ayu Suwirta, Ketua DPRD Wayan Baru, para Kepala Perangkat Daerah (KPD) dan ratusan masyarakat yang memadati sisi barat catus pata Klungkung. Disamping masyarakat lokal nampak pula sejumlah turis asing ikut berbaur ditengah ratusan penonton menikmati pertunjukan ini.

program kegiatan Klungkung menari merupakan bagian dari salah satu program terobosan Pemkab Klungkung, Gema Santi. Dimana melalui program ini, Pemerintah Daerah berupaya melestarikan kesenian dan kebudayaan melalui pegalaran pertunjukan seni yang digelar setiap bulan sekali. Disamping juga untuk memberikan hiburan dan tontonan gratis kepada para masyarakat.
(HUMASKLK/jim)

Related

Warta Semarapura 8112660724256612384

Post a Comment

item