Pemkab Klungkung dan Masyarakat Desa Gelgel Kompak Kembangkan Objek Wisata Pantai Batu Tumpeng


Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Guna meningkatkan penataan dan memberikan perlindungan terhadap bantaran pantai yang terletak di  Kecamatan klungkung. Pemerintah Desa Gelgel melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Artha Lingga Arsa Desa Gelgel menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sweca Pura menggelar aksi penanaman pohon dan bersih-bersih pantai yang dilaksanakan di sepanjang pantai batu tumpeng sampai pantai watu klutok, Desa Gelgel Kecamatan Klungkung. Aksi penanaman pohon dan bersih- bersih di sepanjang bantaran pantai batu tumpeng tersebut dihadiri Bupati klungkung Nyoman Suwirta minggu(26/2).

Wayan Adnyana Putra selaku panitia, mengatakan penanaman pohon dan bersih-bersih pantai yang terselenggara atas kerjasama pemerintah Desa gelgel dalam hal ini BUMDes Artha Lingga Arsa Desa Gelgel dengan pokdarwis swecapura. Lebih lanjut dikatakan tujuan penanaman pohon, bersih-bersih pantai dan penataan pantai tiada lain untuk berupaya meningkatkan atau memberikan perlindungan terhadap bantaran pantai yang terletak di Desa Gelgel dan sekaligus sebagai momentum awal penataan pantai batu tumpeng sampai pantai watu klotok sebagai kawasan wisata atau destinasi wisata, dimana menurutnya pantai batu tumpeng sendiri sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan mancannengara maupun wisatawan domestik untuk menikmati keindahan pantai batu tumpeng, disamping itu pantai batu tumpeng juga dimanfaatkan untuk bersurfing oleh wisatawan mancanegara maupun domestik. Wayan Adnyana Putra juga mengatakan pembersihan pantai yang sudah dilaksanakan  dari sebelumnya dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat gelgel.

Sementara itu, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta sangat mengapresiasi apa yang sudah dilaksanakan Pemerintah Desa Gelgel, BUMDes Artha Lingga Arsa, Pokdarwis serta lapisan masyarakat Desa gelgel sudah membantu pemerintah Kabupaten Klungkung ditengah upaya-upaya Pemerintah Kabupaten Klungkung meletakkan skala prioritas pariwisata sebagai unggulan di Kabupaten Klungkung. Bupati Suwirta juga mengatakan bahwa Desa gelgel sudah mempunyai keberanian untuk memulai untuk menata objek wisata. Lebih lanjut, Bupati suwirta mengatakan pantai batu tumpeng merupakan bagian dari Desa wisata kamasan dan pihaknya akan fokus membranding satu Desa wisata yaitu Desa wisata kamasan.

Untuk itu, Desa wisata kamasan harus didukung oleh Desa penyangga yaitu Desa kamasan itu sendiri dengan lukisan wayang klasik, Desa Tojan dengan kerajinan gerabah, Desa gelgel dengan pantai batu tumpeng dan Klotok, Desa jumpai, Desa tangkas maupun tukad unda. “membuat sesuatu itu harus fokus, tidak boleh membuat dengan nama-nama lain sehinga tidak membingungkan. Nanti akan di branding dengan satu Desa wisata yaitu Desa wisata kamasan yang didalamnya ada desa gelgel, Desa Tojan, Jumpai dsb” Ujar Bupati Suwirta.

Pejabat nomor satu di Pemkab Klungkung ini juga mengajak semua lapisan masyarakat Desa gelgel dan masyarakat Klungkung pada umumnya untuk bersama-sama mempromosikan keindahan objek wisata yang ada di kabupaten Klungkung.

Diakhir acara Bupati Suwirta menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya pantai batu tumpeng sebagai objek wisata di Kabupaten klungkung dan dibuka untuk umum. Acara tersebut turut dihadiri ketua DPRD Klungkung I Wayan Baru, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Camat Klungkung Komang Gede Wisnuadi, unsur TNI-Polri, organisasi masyarakat, Rapi, Orari, Siswa-Siswi SMA serta Elemen Masyarakat setempat. (hmsklk/open)

Related

Warta Semarapura 3488267187199301302

Post a Comment

item