Ternyata, begini cara kerja tubuh saat mencerna makanan



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Makan adalah aktivitas penting dalam kehidupan manusia. Sebab makan mampu memberikan tubuh nutrisi dan tenaga yang diperlukan untuk beraktivitas.

Apakah kamu pernah bertanya-tanya bagaimana jadinya makanan setelah kamu konsumsi? Seperti apakah prosesnya dan perubahan yang terjadi ketika melewati lambung dan usus? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah penjelasannya.

  • Ketika setelah dikunyah, makanan akan masuk ke dalam lambung dan kemudian diteruskan ke usus kecil, lalu ke usus besar.
  • Sari makanan lalu akan bercampur dengan cairan yang disekresikan di hati dan pankreas. Proses ini juga membuat makanan menjadi bertambah mengecil.
  • Kemudian sisa makanan atau limbah akan masuk ke usus besar.
"Secara umum, makanan butuh waktu 1-2 hari untuk benar-benar dicerna dan kemudian keluar dari sistem pencernaan tubuhmu dalam bentuk limbah. Selain itu makanan tinggi serat akan membuat proses berpindahnya makanan menjadi lancar serta tidak meninggalkan sisa makanan yang membahayakan. Makanan yang sehat kaya serat juga tidak akan membebani kerja pencernaan tubuh," tulis penelitian ini. 
(merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 8452020051314902028

Post a Comment

item