10 Tanda Awal Kanker yang Kerap Diabaikan



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali -  Kanker merupakan penyakit mengerikan yang kerap datang tak terduga. Individu yang didiagnosis kanker seringkali tak menyadari bahkan mengabaikan gejalanya hingga stadiumnya telah lanjut.
Gejala kanker yang samar perlu dipastikan dengan pemeriksaan menyeluruh. Semakin awal deteksi kanker, semakin mudah penyakit tersebut diatasi.

Berikut tanda awal kanker yang sebaiknya Anda cermati agar bisa ditangani dini, dilansir dari laman Boldsky, Jumat (21/4/2017):
1. Benjolan di bawah kulit
Benjolan di jaringan payudara hanya bisa ditemukan melalui pemeriksaan diri sendiri. Ketika Anda merasa ada perubahan pada bagian tubuh, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

2. Kulit gatal
Tubuh memperlakukan kanker bak bakteri karenanya sistem daya tahan tubuh akan otomatis memeranginya. Kondisi tersebut akan meningkatkan aliran darah lebih ke area yang terserang sel kanker. Ini yang kemudian menyebabkan area tersebut terasa hangat dan gatal.

3. Luka tak kunjung sembuh
Bila Anda mendapati ada luka di tubuh yang tak sembuh-sembuh, ini bisa jadi tanda awal kanker berkembang di tubuh.

4. Benjolan di mulut atau lidah
Benjolan putih yang muncul di mulut, gusi, atau tenggorokan perlu segera diperiksakan pada profesional kesehatan. Ini kerap jadi tanda kanker yang diabaikan. 

5. Perubahan feses
Apa pun yang tampak tak biasa pada kotoran Anda perlu diwaspadai. Bila ada darah pada fess, bisa jadi itu merupakan tanda kanker darah. Namun, tentunya Anda harus memastikannya memalui pemeriksaan medis.

6. Kesulitan menelan atau hilangnya selera makan
Bila Anda mengalami kesulitan menelan atau proses pencernaan terganggun, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Ini akan memengaruhi kemampuan tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Hal ini juga menjadi tanda peringatan kemungkinan seseorang mengidap kanker.

7. Perubahan urine
Fungsi kandung kemih akan terganggu bila Anda terkena kanker. Kemungkinan Anda akan menemukan perubahan pada warna, bau, serta munculnya busa atau darah di urine.

8. Perdarahan
Mengalami perdarahan tanpa sebab yang jelas harus selalu diwaspadai dan diperiksakan. Darah yang muncul di uterus, puting payudara, atau bagian tubuh lainnya harus segera diperiksakan.

9. Perubahan suara
Kanker laring bisa menyebabkan perubahan pitch atau tone suara kita. Anda perlu segerak memeriksakan hal itu.

10. Batuk terus-menerus
Kanker tenggorokan, paru, atau esofagus dan perut bisa menyebabkan batuk yang terus-menerus. Bila Anda mengalami batuk yang tak kunjung reda atau bila Anda batuk berdarah, artinya perlu benar-benar berhati-hati dan memeriksakan diri.

(Liputan6)

Related

Gaya Hidup 2352330443015645893

Post a Comment

item