Bupati Suwirta membuka Kegiatan Gala Desa dan Porcam Klungkung 2017

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga I Gusti Ngurah Bagus Sucitra membuka Kegiatan Porseni Kecamatan Klungkung ditandai dengan Pelepasan Balon ke udara, bertempat di Lapangan Gor Swecapura Gelgel Klungkung, pada Minggu (22/10) kemarin.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan Gala Desa dan Porcam Klungkung yang dibacakan Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga I Nyoman Mudarta menyampaikan bahwa Gala Desa merupakan Program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang bermaksud untuk mendukung gerakan masyarakat sehat (GERMAS) melalui program ayo olahraga.

Kegiatan Gala Desa 2017 mempertandingkan 6 cabang olahraga yakni Sepak bola akan dilaksanakan di lapangan umum Dawan, Bola Voli dilaksanakan di Lapangan Bola Voli Desa Dawan Klod, Tenis meja dilaksanakan di Gedung PB Hikada Koripan Desa Banjarangkan, Bulutangkis dilaksanakan di GOr Prajasanti Tojan, Sepak Takraw dilaksanakan di Lapangan Puputan Klungkung, dan Cabang Atletik akan dilaksanakan di Lapangan Desa Paksebali. Pelaksanaan Kegiatan Gala Desa Berlangsung dari Tanggal 21 Oktober s/d 5 Desember 2017 dengan melibatkan sebanyak 15 Desa/Kelurahan.

Sementara Kegiatan Porcam Klungkung Tahun 2017 mempertandingkan 7 cabang olahraga antar Desa/Kelurahan di Kecamatan Klungkung, yakni cabang atletik lari 100 meter dan tolak peluru yang dilaksanakan di Lapangan Desa Kamasan, Futsal dilaksanakan di Lapangan Futsal Kenyeri di Kelurahan Semarapura Klod, Tenis Meja dilaksanakan di Gedung PB Hikada Koripan Desa Banjarangkan, bulutangkis yang dilaksanakan di GOR Prajasanti, Catur dilaksanakan di SDN 1 Akah, Bola Voli dilaksanakan di Lapangan Bola Voli GOR Swecapura, Bilyard dilaksanakan di Lobi GOR Swecapura. Porcam Klungkung 2017 akan dilaksanakan mulai tanggal 22 sampai dengan 29 Oktober 2017 yang diikuti 18 Desa/Kelurahan SeKecamatan Klungkung.

Tujuan diadakan Gala Desa dan Porcam adalah untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk melakukan gerak jasmani agar memiliki tingkat kebugaran dan kesehatan prima sehingga dapat berperan serta untuk mensejahterakan masyarakat. "Sangatlah penting bahwa melalui Gala Desa dan Porcam dapat meningkatkan sporttivitas dan solidaritas masyarakat Desa/Kelurahan sekaligus membangun karakter tangguh, pada akhirnya diharapkan dapat memunculkan bibit olahragawan potensial untuk meningkatkan prestasi olahraga baik nasional, regional dan internasional.

Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga I Gusti Ngurah Bagus Sucitra dalam sambutannya menyampaikan bahwa olahraga untuk  perdamaian, olahraga bisa djadikan solusi untuk menyelesaikan segala persoalan, baik persoalan –persoalan social, bencana alam, dan lainnya. Tujuan dari Gala Desa adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat, sekaligus memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk berpartisipasi didalam meningkatkan kesehatan dan kebugaran dalam upaya meningkatkan ketahanan nasional, sehingga dapat membangun daerahnya dalam upaya membangun pembangunan nasional.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengharapkan dengan dilaksanakan Gala Desa dan Porcam Klungkung 2017 bisa sejajar dengan Kabupaten/Kota yang lainnya, sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap dunia olahraga di Kabupaten Klungkung, Bali, dan nasional serta mengetahui output dan outcame yang sudah dicapai pada masing-masing Cabang Olahraga melalui anggaran yang sudah dikeluarkan. Bupati Suwirta meminta kepada panitia Kecamatan maupun Desa supaya hasil dari jalannya kegiatan Gala Desa dan Porcam Klungkung bisa dicatat dengan baik, agar bisa dievaluasi lebih lanjut.

Dalam pembukaan kegiatan Gala Desa dan Porcam Klungkung 2017 diisi dengan penampilan dari marching Band Gita Taruna dari SMP Negeri 2 Semarapura dengan membawakan lagu berjudul maju tak Gentar, Manuk Dadali, dan Yamko  rambe Yamko ,pembacaan janji atlet dan wasit, dan penyerahan piala Gala Desa dari Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga I Gusti Ngurah Bagus Sucitra kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, serta penyerahan Hadiah Lomba Kite Festival  2017. 
Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Porcam Klungkung tahun 2017 yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Camat Klungkung I Komang Gede Wisnuadi dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Klungkung I Wayan Subamia beserta undangan terkait lainnya. 

(Hmsklk/cok)

Related

Warta Semarapura 9056276306828635981

Post a Comment

item