Diduga Terkait Fethullah Gulen, 9 Ribu Polisi Turki Disanksi


Diduga Terkait Fethullah Gulen, 9 Ribu Polisi Turki Disanksi

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Sekitar 9 ribu polisi disanksi karena diduga berkaitan dengan ulama terkenal Fethullah Gulen, musuh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dilansir kantor berita AFP, Kamis (27/4/2017), disebutkan sekitar 9.103 polisi disanksi lantaran diduga berkaitan atau menjalin kontak dengan kelompok Gullen. Pihak kepolisian Turki menyampaikannya melalui situs resminya.

Sebelumnya, otoritas Turki menyebut telah menahan lebih dari seribu orang berkaitan dengan Gulen.

Erdogan menuding Gullen yang kini tinggal di Amerika Serikat, berkonspirasi untuk menggulingkan pemerintahannya dengan jaringan pendukung di kehakiman, kepolisian dan media. Gulen yang sejumlah pengikutnya mengelola sekolah-sekolah dan aktif di bidang media, telah membantah tuduhan tersebut.

Pengadilan Turki, pada Desember 2014 lalu, mengeluarkan perintah penangkapan terhadap Gulen atas tuduhan mengepalai sebuah kelompok kriminal. Gulen telah mengasingkan diri ke AS sejak tahun 1999.

Semula, Erdogan dan Gulen adalah sekutu. Namun hal itu berubah sejak polisi dan jaksa yang bersimpati kepada Gulen, membuka penyelidikan atas dugaan korupsi di kalangan orang-orang dalam Erdogan pada tahun 2013. Ribuan polisi, jaksa dan hakim pun kemudian dipecat atau dimutasi atas dugaan keterlibatan dengan Gulen.

(detikNews.com)

Related

Dunia 650872930165372709

Post a Comment

item