Kabupaten Klungkung menjadi Kabupaten Pencanangan Gerakan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara di Bali

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Bali Ny.Ayu Pastika didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny. Ayu Suwirta menghadiri Kegiatan Pencanangan Gerakan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara bertempat di Puskesmas Dawan II di Desa Gunaksa, Dawan Klungkung, pada kamis (27/04). 

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya, menyambut baik acara ini, diharapkan agar masyarakat Klungkung bisa memanfaaatkan kegiatan deteksi dini ini dengan baik, pendeteksian dini bisa dilakukan di Puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di Klungkung sebagai langkah awal pendeteksian terhadap segala jenis penyakit kanker, baik penyakit kanker serviks maupun penyakit kanker lainnya. “Hal ini harus diikuti dengan pola hidup sehat yang dilaksanakan mulai dari Keluarga, Sekolah dan Lingkungan sekitar”. 

Ketua Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengenalan dini Kanker Serviks merupakan hal yang penting untuk menurunkan kasus baru, Strategi yang perlu dilakukan melalui tindakan pencegahan dan deteksi dini. Pencegahan dan Deteksi dini kanker serviks akan lebih mudah dilakukan.
Tujuan Kegiatan ini antara lain, pertama,  memberikan apresiasi terhadap guru dan istri guru dalam bentuk pelayanan kesehatan berupa deteksi dini  kanker serviks, kedua, Meningkatkan kualitas kesehatan ibu-ibu, ketiga, mencegah atau mendeteksi dini kanker serviks agar penyakit tersebut tidak berkembang semakin parah, keempat, Menurunkan angka kejadian kanker serviks. Program IVA Test sangatlah penting untuk dilaksanakan. Oleh karena itu, program ini perlu diperkuat dan dikembangkan secara intensif dan berkesinambungan kepada ibu-ibu dan perempuan Indonesia. Dengan adanya program ini diharapkan sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini kanker serviks sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya bagi Ibu-ibu di Indonesia.
Ny. Ayu Pastika menghimbau para orang tua, agar Anak-anak usia dini diperhatikan dari segi makanan, lingkungan, pergaulan. Dan harus dicheck secara rutin untuk mencegah penyebaran penyakit kanker serviks dan kanker lainnya.

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Provinsi Bali Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Dewa Ngurah Alit  menyatakan bahwa salah satu hal yang adapat dilakukan untuk menurunkan angka penderita kanker leher Rahim, dan  adalah dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kanker, serta mendorong lintas sektor lainnya dan individu juga partisipasi masyarakat untuk bersama dalam mencegah kanker terutama kanker Rahim dan kanker payudara. Mengharapkan adanya dukungan dari semua sektor guna mengurangi jumlah penderita kanker leher Rahim dan payudara serta diharapkan akan bisa menurunkan jumlah penderita penyakit kanker yang dipusatkan pencanangannya di Kabupaten Klungkung.  

Diakhir sambutan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika yang dibacakan Asisten III Provinsi Bali Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Dewa Ngurah Alit, bersama Ketua Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny. Ayu Suwirta melaksanakan pelepasan balon ke udara dilanjutkan dengan melihat proses pemeriksaan kanker Serviks dengan metode test IVA.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Klungkung 
I Nengah Ariyanta, Asisten III Provinsi Bali Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Dewa Ngurah Alit,serta Undangan Terkait lainnya. 

(hmsklk/Cok)

Related

Warta Semarapura 6575390988233431700

Post a Comment

item