Perkenalkan Jersey Baru, Bali United Usung Kearifan Lokal


www.nusabali.com-perkenalkan-jersey-baru-bali-united-usung-kearifan-lokal

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Ketika kompetisi musim baru segera bergulir, kehadiran jersey baru menjadi sesuatu yang selalu dinantikan. Ya, jersey baru Bali United mengusung semangat kearifan lokal. Secara resmi, jersey skuad Serdadu Tridatu untuk Kompetisi Liga 1 Indonesia itu secara resmi diperkenalkan pada Senin (1/4). 

Untuk warna, Bali United tetap menggunakan Tridatu (merah, putih, hitam) yang merupakan warna identitas mereka, sesuai dengan julukannya Serdadu Tridatu. Makna tridatu sendiri merupakan kombinasi tiga warna sebagai lambang kesucian yang dibagi menjadi Brahma (pencipta), Wisnu (pemelihara), dan Siwa (pelebur).

Perbedaan yang jelas terlihat adalah bentuk kerah di jersey terbaru. Di musim lalu, kerah di jersey berbentuk "V" sedangkan untuk musim ini, bentuk kerah yang digunakan adalah melingkar atau "O". Selain itu jersey terbaru ini semakin kental dengan kearifan lokal Bali karena dihiasi gambar Barong Ket di bagian depan jersey. 

Di Bali, lambang Barong Ket dianggap sebagai manifestasi dari raja hutan. Lambang Barong Ket sendiri menggunakan figur Singa. Hal tersebut karena Singa dianggap memiliki kemampuan untuk menghancurkan kekuatan jahat. Sesuatu yang membuat Barong Ket dianggap sebagai simbol kemenangan dan kebaikan.  

CEO Bali United, Yabes Tanuri mengatakan, dipilihnya gambar Barong Ket di jersey terbaru Bali United lantaran makna Barong Ket itu sendiri. Ia berharap dengan adanya Barong Ket di jersey, maka kemenangan dan kebaikan yang terus menaungi tim Serdadu Tridatu. 

"Untuk warna, kami tetap akan menggunakan warna dasar merah, putih, hitam yang merupakan simbol suci di Pulau Bali. Menganai adanya gambar Barong Ket, kami ingin makna Barong Ket bisa menular ke tim ini. Saya juga berharap dengan jersey baru, akan diikuti semangat baru dari para pemain," ujar Yabes Tanuri. 

Untuk warna dasar, merah tetap akan jadi pilihan warna untuk jersey kandang (home). Warna merah di jersey akan dikombinasikan dengan kerah berwarna hitam. Di bagian pinggang, terdapat garis vertikal berwarna hitam. 

Sementara jersey tandang (away) akan menggunakan warna dasar putih dengan kerah berwarna hitam serta garis vertikal berwarna merah. Untuk jersey ketiga (alternatif) menggunakan warna dasar hitam dengan kerah berwarna merah. Ada garis vertikal berwarna putih di bagian pinggang jersey ketiga. 

Untuk warna jersey kipper tetap menggunakan warna sama dengan tahun sebelumnya, yaitu ungu dan hijau muda. Warna ungu dikombinasikan warna putih pada kerah dan garis vertikal merah di pinggang. Jersey berwarna hijau muda dikombinasikan dengan kerah berwarna hitam dan garis vertikal berwarna putih. 

(NusaBali)

Related

Olahraga 8546019223786844493

Post a Comment

item