45 Pelajar Berebut ke LN


www.nusabali.com-45-pelajar-berebut-ke-ln

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Setelah melalui seleksi tahap pertama pada akhir April lalu, sebanyak 45 orang pelajar di Bali berstatus kelas X kembali mengikuti seleksi lanjutan yang diselenggarakan Bina Antarbudaya Chapter Denpasar untuk meraih beasiswa pertukaran pelajar ke luar negeri yakni Amerika Serikat, Eropa, dan Asia Pasifik selama hampir setahun. Seleksi dilaksanakan di SMP Negeri 1 Denpasar, Minggu (21/5) kemarin.

Koordinator Sending Bina Antarbudaya Chapter Denpasar, Luh Yesi Candrika SS, mengatakan, seleksi lanjutan yang dilakukan merupakan seleksi tahap kedua yakni tes wawancara kepribadian dan bahasa Inggris. Dalam seleksi ini melibatkan beberapa elemen dosen, advokat, rektor, perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Dinas Pendidikan Kota Denpasar, mahasiswa sastra Inggris dan mahasiswa psikologi Universitas Udayana. “Seleksi tahap kedua ini bertujuan untuk menggali potensi siswa dalam hal kepribadian dan kemampuan bahasa Inggris,” ujar Yesi Candrika, usai seleksi Minggu kemarin.

Dikatakan, semenjak tahun 2012 Bina Antarbudaya Chapter Denpasar telah berhasil memberangkatkan 20 orang siswa dari Bali dengan dua pilihan program, yakni YES (Youth Exchange and Study) dan AFS (American Field Service). Program YES merupakan program beasiswa penuh yang diberikan oleh Amerika Serikat (AS) kepada siswa SMA/Sederajat. Selama program berlangsung, peserta akan tinggal dengan keluarga AS dan bersekolah di SMA setempat. Sedangkan AFS tak jauh beda dengan YES. Hanya saja program ini bernaung di bawah AFS Intercultural Programs, yakni organisasi pertukaran antarbudaya terbesar di dunia yang beroperasi di lebih dari 60 negara di lima benua.

“Selain di Bali, sejak tahun 2013,  Bina Antarbudaya chapter Denpasar juga telah mengadakan program outreach (seleksi di Kupang dan Maumere) dan memberangkatkan sebanyak 10 orang siswa ke Amerika Serikat untuk program YES,” katanya.
 
Lebih lanjut Yesi menjelaskan, peserta yang terpilih nanti setelah mengikuti berbagai rangkaian seleksi akan diberangkatkan tahun depan. Sedangkan yang berangkat tahun ini adalah pelajar yang lolos seleksi tahun 2016 lalu.  Pada bulan Agustus mendatang, ada 6 orang siswa dari Bali berhasil meraih beasiswa YES ke Amerika Serikat (AS). 

Empat orang pelajar tersebut berasal dari SMA Negeri Bali Mandara yakni I Made Yogi Windu Saputra, Made Kashin Bebi Arista, Ni Luh Putu Dian Eka Astari, dan Putu Wulandari Dyana Putri. Sedangkan dua orang lagi I Wayan Bagus Purnama Sidi dari SMA Negeri 1 Amlapura dan I Wayan Yudha Andayana dari SMA Negeri 1 Sukawati.

Sementara pelajar yang berangkat lebih dulu, dan akan kembali ke Tanah Air bulan Agustus ini yakni Ni Komang Melya Lestari, Made Yudiatmika, Ni Putu Sukma Aryanti (SMAN Bali Mandara), Nadya Yasmin Dicky, Ni Putu Saraswati Putri Setiawan (SMAN 1 Tabanan), Salsabila Aulia Putri Nasution (SMAN 1 Kuta) mengikuti program YES, sementara yang mengikuti program AFS (ke Eropa), Putu Bagus Godwin Heriachandra dari SMA Taman Rama.

(NusaBali)

Related

Seputar Bali 4233531448818268099

Post a Comment

item