Di Depan Putin, Presiden Macron Sebut Media Rusia Propaganda


Di Depan Putin, Presiden Macron Sebut Media Rusia Propaganda

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Presiden Prancis Emmanuel Macron saat bertemu dengan Presiden Vladimir Putin tanpa tedeng aling-aling menyebut dua media Rusia sebagai organisasi berpengaruh dan propaganda.

Ucapannya itu ia sebut saat berdiri di samping Presiden Putin dalam sesi konferensi pers bersama. Macron mengatakan, media Russian Today dan Sputnik "berperilaku seperti struktur pemerintahan" bukan saluran berita independen.

Dikutip dari the Hill pada Rabu (31/5/2017),  selama masa pemilihan presiden, Macron telah melarang wartawan dari media tersebut untuk berada di markas kampanyenya.

Propaganda dan pemberian informasi yang salah telah menjadi perhatian utama terkait dugaan intervensi Rusia dalam pemilu negara lain, termasuk pemilihan presiden AS pada 2016 dan pemilu Prancis baru-baru ini pada tanggal 7 Mei.

Beberapa hari sebelum pemungutan suara di Prancis, email Macron yang diretas dibocorkan secara online. Kasus ini layaknya kebocoran email Komite Nasional Demokrat dan John Podesta, ketua tim kampanye Hillary Clinton, dipublikasikan sebelum Pemilihan AS.

Macron menuding Rusia ingin menjadikan Prancis seperti AS, di mana presidennya dipimpin oleh sayap kanan. 

Dalam konferensi pers bersama itu, yang digelar pada Senin 29 Mei 2017, di Paris, Putin membantah ikut campur dalam pemilihan Prancis, menurut The Associated Press.

Putin mengatakan bahwa pertemuannya dengan lawan pemilihan Macron, pemimpin sayap kanan Marine Le Pen, hanyalah sebuah tanggapan terhadap politisi yang telah berjanji memperbaiki hubungan.

Di depan Putin, Macron juga menunjukkan perbedaan sikap yang tajam antar kedua negara terkait penggunaan senjata kimia oleh Presiden Suriah Bashar al-Assad. Selama ini Moskow merupakan sekutu utama rezim Bashar al-Assad.

Pada konferensi pers bersama itu kedua pemimpin negara itu tampil tegang. Macron menyoroti sejumlah isu penting termasuk peretasan, sementara Putin menolak semua pernyataan presiden termuda Prancis itu.

(Liputan6)

Related

Dunia 400638683001035979

Post a Comment

item