SMA Negeri 2 Semarapura wakili Bali lomba sekolah sehat tingkat Nasional

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny. Ayu Suwirta didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Klungkung I Nengah Aryanta serta undangan terkait lainnya menghadiri acara Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2017 yang diadakan di SMA Negeri 2 Semarapura Klungkung, pada Senin (15/5).

Gubernur Bali I Gede Mangku Pastika dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Seksi Sertifikasi Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Drs. I Wayan Bagiarta Negara, App.MM menyampaikan Harus bersinergi jika menyangkut tentang masalah kesehatan, Gubernur meminta agar tidak ada rasa pemaksaan dan tersiksa apabila melaksanakan program hidup sehat dan terpadu. UKS tempatnya bukan disuatu ruangan tetapi di lingkungan sekitar, seperti got, bak sampah, kantin, dan lainnya. Karena Usaha Kesehatan Sekolah intinya adalah sebuah kegiatan yang bersifat prefentif, bukan kuratif. Mari kita menuju kepada Usaha Kesehatan Sekolah yang berhasil dimana kunjungan kepada ruang kesehatan berjumlah minim. agar lingkungan sekitar yang bisa berguna sebagai obat dapat digunakan di UKS apabila terdapat Warga sekolah yang sakit. 

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan Klungkung yang merupakan Kabupaten dengan wilayah terkecil di Provinsi Bali, tetapi salah satu Sekolahnya yakni SMA Negeri 2 Semarapura bisa memperoleh kesempatan untuk mewakili Provinsi Bali dalam Penilaian Sekolah Sehat Tingkat Nasional, Hal ini membuktikan bahwa "Orang yang kecil tidak selalu harus ada dibawah", Ujar bupati Suwirta. Bupati Suwirta berpesan kepada remaja agar membersihkan pikiran yang kotor untuk menuju sekolah yang bersih baik bersih secara rohani maupun jasmani.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Semarapura Drs. I Gusti Lanang Made Puji Mpd dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan adanya Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan sekolah melalui peningkatan perilaku pola hidup bersih dan sehat, serta menciptakan lingkungan yang sehat. melalui visi UKS SMA 2 Semarapura yakni mewujudkan generasi muda yang sehat, cerdas dan mandiri. SMA 2 Semarapura berusaha secara berkesinambungan mewujudkan cita-cita UKS melalui tiga program UKS (Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat sekolah kesehatan) diantaranya dengan kegiatan Kader Kesehatan meliputi penyuluhan kesehatan, pengawasan, dan pembinaan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan lainnya. SMA 2 Semarapura dan Komite Sekolah selalu berusaha untuk membuat program hidup sehat jasmani dan rohani, agar terciptanya hubungan harmonis dan optimal guna mewujudkan sekolah sehat. mengintegrasikan tentang pelajaran lingkungan hidup ke semua mata pelajaran. Dengan semangat gerakan Masyarakat yang santun dan inovatif (gema santi) pelaksanaan gerakan UKS SMA Negeri 2 Semarapura telah dan terus dilakukan, membuahkan berbagai prestasi sekolah baik akademis maupun nonakademis.  

Kepala tim penilai Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2017 Drs. Prabowo Putra, MM menyampaikan Usaha Kesehatan Sekolah ini bertujuan untuk menciptakan sekolah yang sehat dan bersih, baik bersih lingkungan dan bersih ruang kelas, agar siswa dapat belajar dengan tenang dan baik. Ada dua kategori yang nantinya akan menjadi bahan penilaian dari tim Penilai, yakni pertama, kinerja yang terbaik, dimana sekolah dapat menerapkan UKS bukan hanya pada saat Lomba UKS saja, tetapi secara terus-menerus mengembangkan sekolah yang bersih lingkungan, sehingga dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah yang lain, kedua, pencapaian terbaik, dimana penilaian  dilakukan bukan hanya tentang sekolah tetapi akan ada penilaian dengan cara pembagian kuisioner ke siswa utnuk mengetahui kondisi sebenarnya dari sekolah yang akan dinilai. Penerapan dua kategori lomba bermaksud untuk mengakomodir kepala sekolah yang ada di perkotaan dan pedesaan, dimana untuk sekolah perkotaan akan dinilai berdasarkan kinerja terbaik, sedangkan untuk sekolah dipedesaan akan dinilai berdasarkan kategori pencapaian terbaik dimana nantinya penilaian ini bertumpu pada keinginan sekolah di daerah pedesaan dalam bentuk usaha-usaha untuk mewujudkan sekolah yang sehat dan bersih. dan tidak menutup kemungkinan untuk sekolah yang ada di Perkotaan untuk memperoleh pencapaian terbaik, apabila di sekolah tersebut terdapat usaha-usaha untuk mewujudkan sekolah yang sehat dan bersih.

Dalam acara tersebut diisi dengan penyerahan profil sekolah dari Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Semarapura Drs. I Gusti Lanang Made Puji Mpd kepada Kepala tim penilai Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2017 Drs. Prabowo Putra, MM yang disaksikan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. 

(HmsKlk/cok)

Related

Warta Semarapura 3295779124274701765

Post a Comment

emo-but-icon

item