8 Perubahan pada Rambut Seiiring Bertambahnya Usia


Rambut Beruban

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Tidak hanya kulit dan anggota tubuh yang mengalami penuaan ketika usia semakin bertambah. Sama halnya dengan kulit yang mulai keriput, ternyata rambut juga mengalami penurunan fungsi seiring bertambahnya umur. Dilansir dari The List, Jumat (16/6/17), ternyata delapan hal ini akan terjadi para rambut yang mulai menua. 

Berubah Warna

Perubahan yang paling umum diketahui ketika seorang sudah mulai menua adalah warna rambut yang berubah menjadi abu-abu. Setiap orang memiliki pola rambut yang berbeda-beda sesuai dengan genetik masing-masing. Akan tetapi, penuaan dini bisa terjadi dikarenakan tingkat stres yang cukup tinggi, diet yang tidak sehat, gaya hidup ekstrem, kurang tidur dan mengidap penyakit serius. Apabila Anda mulai menemukan tanda-tanda ini pada rambut, Anda bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang mampu menjaga rambut tetap sehat dengan kandungan omega dan formula yang aman bagi rambut. 

Lebih Tipis

Menurut dr. Alan Bauman, seorang pakar rambut, mengungkapkan bahwa sekitar usia 40 tahun, rambut wanita akan mulai tumbuh lebih tipis dibandingkan sebelumnya. Selain itu, wanita juga akan kehilangan 100 sampai 125 helai rambut setiap hari.

Kehilangan Volume


Pada saat mengalami penuaan, kutikula rambut juga lebih rentan terhadap kerusakan, sehingga akan membuat rambut tampak lebih kusam dan kehilangan volume. 


Mudah Pecah

Salah satu tanda penuaan pada rambut adalah hilangnya kekuatan rambut. Hal ini disebabkan karena protein pada rambut juga ikut berkurang dan mengakibatkan rambut menjadi lemah dan kurang elastis. 

Tumbuh Lebih Lambat

Tingkat pertumbuhan pada rambut juga akan mengalami perlambatan dan lebih banyak menghabiskan waktu pada fase istirahat dibandingkan dengan pertumbuhan.

Kering

Sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan hair dryer di saat rambut sudah mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Karena panas yang berlebihan akan membuat kulit kepala lebih kering. Tidak hanya hair dryer, reaksi serupa juga akan ditunjukkan apabila Anda terlalu sering mencuci rambut karena mampu menghilangkan minyak dari rambut yang akan berkontribusi untuk mencegah kekeringan.

Mengubah Tekstur

Kehilangan protein juga mengakibatkan rambut kehilangan tekstur. Rambut keriting bisa berubah menjadi lurus dan sebaliknya. Selain itu tekstur rambut juga akan berubah menjadi lebih kasar.

Kusam

Hilangnya protein keratin dan lemak alami pada kulit kepala akan menyebabkan rambut tampak lebih kusam saat Anda mulai memasuki usia 40-an. Tidak ada cara lain yang dapat dilakukan selain menjaga kesehatan dan terus memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut agar tetap sehat.

(Liputan6)

Related

Info Unik 1536877817923445466

Post a Comment

item