Gejala Unik Serangan Jantung pada Wanita


serangan jantung pada wanita

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Sebanyak 50 ribu wanita meninggal karena serangan jantung pada 2014 di Amerika Serikat. Asosiasi Jantung Amerika baru-baru ini juga mengeluarkan pernyataan bahwa banyak pasien jantung wanita yang kurang tertangani. Menurut mereka, salah satunya adalah karena serangan jantung lebih sering diasosiasikan dengan pria, obesitas, dan lanjut usia.
Padahal kenyataannya sama sekali tidak seperti itu.

Ketika Anda membayangkan seseorang yang terkena serangan jantung, kemungkinan besar Anda akan membayangkan seseorang mengalami rasa nyeri tak tertahankan di dadanya. Namun, penanda serangan jantung pada wanita bisa jadi jauh lebih samar dibanding pada pria.

Walaupun wanita penderita serangan jantung akan tetap merasa nyeri atau tekanan pada bagian tengah dadanya, secara mengejutkan, wanita yang mengalami serangan jantung juga akan merasakan sakit pada rahangnya.

Penanda lain yang spesifik hanya pada wanita adalah sakit pada punggung bagian atas, nyeri pada lengan, rasa lelah yang intens, heartburn, atau hanya "merasa tidak enak. Demikian diungkapkan Laxmi Mehta, MD, direktur klinis dari Women's Cardiovascular Health Program di Ohio State University's Wexner Medical Center, dan juga penulis utama pernyataan yang dikeluarkan oleh Asosiasi Jantung Amerika (AHA) tadi.

Menurut AHA, jika jantung tidak memberikan sinyal yang baik, rasa nyeri bisa menyebar ke rahang, leher, atau punggung. Namun, menurut Mehta, para dokter masih belum mengetahui kenapa penyebaran rasa nyeri tadi hanya terjadi pada wanita, dan tidak pada pria.

(Liputan6)

Related

Gaya Hidup 6163616631579354664

Post a Comment

item