Bupati Suwirta Motivasi Peserta Pelatihan Wirausaha Baru

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Teruslah berinovasi dalam menciptakan produk kerajinan, sehingga pasar tidak akan pernah bosan dengan produk yang dihasilkan. Dan selain berinovasi pengerajin juga harus tetap menjaga kwalitas sehingga dapat meningkatkan nilai dari sebuah produk. Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ketika memotivasi para peserta pelatihan Wirausaha Baru di Industri Uang Kepeng UD Kamasan Bali, Kamis (22/6). Peserta diharapkan tidak monoton hanya membuat kerajinan, namun juga mampu membuat alat mekanikal logam lainnya.

Dalam materinya Bupati Suwirta mendorong peserta pelatihan untuk membangun sebuah kelompok usaha dan tidak berdiri sendiri dalam menjalankan usahanya. Menurutnya, dengan dibentuk kelompok pengerajin ini, maka akan semakin mudah dalam menjalankan sebuah usaha, selain itu pemerintah juga akan dimudahkan dalam melakukan koordinasi maupun dalam pemberian bantuan alat usaha.

Bupati Suwirta juga meminta Kepada Direktur UD Kamasan Bali, I Made Sukma Swacita,  supaya setelah berakhirnya pelatihan ini, peserta jangan dilepas begitu saja, namun tetap tetap dirangkul dilakukan pengawasan dan pembinaan lanjutan sebagai upaya penguatan keterampilan. Dengan harapan mereka siap menjadi kelompok usaha yang mampu bersaing.

Terkait akan segera diresmikannya paket Desa Wisata Kamasan, Bupati berharap kepada seluruh pengerajin, UMKM dan seniman di desa Kamasan untuk menguatkan tekad mendukung program wisata ini.  Desa Kamasan yang telah dikenal dunia lewat berbagai kerajinan logam dan lukisan wayangnya ini diharapkan akan semakin mudah dalam menarik minat wisatawan menikmati paket Desa Wisata. “Mudah mudahan para pengerajin, UMKM dan seniman akan dapat menopang paket Desa Wisata Kamasan ini,” ujar Bupati Suwirta dengan optimis.  
Sementara itu perwakilan dari Kementrian Perindustrian, Budihartono mengatakan pelatihan dilaksanakan selama 5 hari, di mulai dari tgl 19 s/d 23 juni 2017. Peserta berjumlah 20 orang yang berasal dari tenaga kerja di UD Kamasan Bali. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Kementerian Perindustrian dengan Anggota DPR RI Komisi VI, Gde Sumarjaya Linggih. Lewat pelatihan ini diharapkan tumbuh wirausaha baru disektor kerajinan logam sehingga lebih berkembang dan inovasi dalam produksi.

Materi yang diberikan selama lima hari pelatihan ini berupa tehknik pengecoran logam dan Teknik produksi lainnya yang dibawakan oleh Husein Taufik dari Balai Besar Logam dan Mesin Bandung.
Gde Sumarjaya Linggih atau yang akrab disapa Demer mengatakan dipilihnya kabupaten klungkung untuk melaksakan kegiatan ini karena dirinya telah melihat keseriusan Pemkab Klungkung dalam mengurangi pengangguran dan upaya pemberantasan kemiskinan di Klungkung. Selain itu Demer juga mengakui pesatnya pembangunan yang telah di lakukan Bupati Suwirta, serta program inovatif yang berhasil diciptakan dibawah kepemimpinannya.

Dalam pelatihan tersebut diserahkan pula bantuan peralatan industry berupa gerinda, mesin poles seperangkat alat mekanik, dan alat pemotong dari Kementerian Perindustrian. 

(HUMASKLK/Jim)

Related

Warta Semarapura 7682899146818452599

Post a Comment

item