Perdana, Presiden Xi Jinping Akan Kunjungi Hong Kong



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali -  Presiden China Xi Jinping akan melakukan kunjungan resmi perdananya ke Hong Kong pada Kamis 29 Juni waktu setempat. Kedatangannya dalam rangka untuk memperingati 20 tahun penyerahan Hong Kong dari Inggris ke China.

Kunjungan Presiden Xi tersebut diperkirakan akan disambut demonstrasi besar-besaran oleh aktivis pro-demokrasi. Selama ini mereka mengkritik meningkatnya pengaruh Beijing atas Hong Kong.
Presiden Xi dikabarkan akan berada di Hong Kong hingga tanggal 1 Juli di mana pada hari itu ia dijadwalkan akan menghadiri sebuah upacara dan melantik pemimpin baru Hong Kong, Carrie Lam.
Lam mencatat sejarah sebagai pemimpin perempuan pertama Hong Kong. Ia terpilih pada Maret lalu.
Selain itu, Presiden Xi dilaporkan juga akan mengunjungi sebuah garnisun Tentara Pembebasan Rakyat China yang ditempatkan di Hong Kong.

Seperti dilansir USA Today, Minggu (26/6/2017) selama kunjungan Xi keamanan tinggi akan diterapkan dengan lebih dari sepertiga dari 29.000 tentara akan disiagakan sepanjang waktu. Ini disebut sebagai operasi keamanan terbesar di Hong Kong sejak penyerahan wilayah tersebut pada tahun 1997.


Pasukan keamanan Hong Kong sendiri telah menjalani latihan anti-terorisme dan latihan pengendalian huru-hara dalam minggu-minggu menjelang acara "ulang tahun"nya ke-20.
Slogan politik dan spanduk akan dikontrol ketat selama kunjungan Xi. Media berbahasa China di Taiwan, Ming Pao News, melaporkan bahwa gambar atau slogan yang menuntut hak pilih universal atau memperingati pembantaian di Lapangan Tiananmen akan "ditiadakan".
Inggris menyerahkan Hong Kong ke China pada tahun 1997 setelah lebih dari satu tahun menguasai wilayah itu. Adapun China menyetujui kebijakan "satu negara, dua sistem" atas Hong Kong di mana Beijing akan membiarkan kota itu mempertahankan sistem ekonomi dan politik. Namun, para aktivis menilai Tiongkok melanggar aturan tersebut.

(Liputan6)

Related

Dunia 3173034771574665526

Post a Comment

item