Trik Jitu Kelola Dana Darurat, Nabung hingga Bayar Utang

7 Tips Cerdas Mengelola Keuangan untuk Kamu Para Mahasiswa
Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Mengelola keuangan dengan tepat seringkali menjadi “cita-cita” bagi banyak orang. Kebanyakan orang menyadari betapa pentingnya mengatur keuangan dengan baik, namun melakukan hal ini tentu tidak selalu semudah yang dibayangkan.

Ketika akan mengatur atau memperbaiki kondisi keuangan, kita seringkali begitu sulit untuk melakukannya, bahkan tak jarang pula kita tidak tahu bagaimana cara untuk memulai hal tersebut.

Hal ini tentu tidak dapat dilakukan dengan cara instan, sebab kita mungkin saja memiliki berbagai kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan.

Hal-hal seperti inilah yang kemudian menjadi sebuah kendala besar dalam mengatur keuangan untuk bisa lebih baik lagi ke depannya, terutama jika ternyata kita tidak bisa keluar dan mengakhiri berbagai kebiasaan buruk tersebut secara perlahan-lahan.

Jika terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin kondisi keuangan akan semakin memburuk. Hal ini bahkan dapat mempengaruhi kualitas kehidupan kita secara keseluruhan. Sebenarnya jika dilakukan dengan konsisten, mengatur keuangan dengan baik dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan simpel, yakni dengan mengatur berbagai prioritas di dalam keuangan itu sendiri.

Berikut ulasannya seperti dikutip dari Laruno.com:

Prioritaskan yang Paling Penting
Di dalam keuangan, kita tentu akan memiliki berbagai pos tertentu yang akan memenuhi berbagai kebutuhan kehidupan kita. Hal inilah yang penting untuk kita pahami dan sadari dengan baik sejak awal, sehingga kita dapat membedakan mana saja pos yang penting, paling penting, atau bahkan yang harus diprioritaskan di dalam keuangan.
Jika kita telah memahami hal ini dengan baik, maka pengelolaan keuangan tentu bisa dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu, mulailah kenali berbagai pos di dalam keuangan dengan lebih baik lagi, agar upaya untuk memprioritaskan komponen yang terpenting di dalam keuangan kita akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.
Dana darurat, tabungan, dan juga utang adalah pos yang wajib ditangani dengan baik di dalam keuangan, sebab ketiga komponen ini akan menjadi penentu kualitas kondisi keuangan yang kita miliki. Tangani hal ini dengan tepat, yakni dengan beberapa langkah di bawah ini:


1. Buat Dana Darurat “Mini”

Seperti apapun kondisi keuangan, kita harus tetap menempatkan sejumlah dana darurat di dalamnya. Jika saat ini tidak memungkinkan bagi kita untuk menyimpannya dalam jumlah yang proporsional, maka mulailah membuat dana darurat ini dalam ukuran “mini” terlebih dahulu.
Jangan sepele, dana darurat ini dapat membantu kita untuk menghindari utang baru, atau bahkan untuk menjaga kondisi keuangan tetap bisa berjalan dengan stabil, jika sewaktu-waktu terjadi krisis atau masalah di dalam keuangan itu sendiri.
Pahami kebutuhan dengan baik, sehingga kita lebih mudah untuk menentukan jumlah dana darurat yang akan kita butuhkan di dalam keuangan. Upayakan untuk bisa mencapai angka tersebut dalam kurun waktu tertentu (misalnya 6 bulan ke depan), di mana kita bisa menyicil pengadaan dana darurat ini secara berkala di dalam keuangan.
Hindari juga untuk menggunakan dana darurat ini untuk berbagai kebutuhan yang tidak seharusnya, sebab ini akan membuat keuangan menjadi buruk kembali. Upayakan untuk mengumpulkan dana darurat dengan konsisten, agar target dana darurat yang kita inginkan dapat tercapai dengan cepat.

(Liputan6)

Related

Berita Ekonomi 6673734048585127894

Post a Comment

emo-but-icon

item