Bupati Suwirta Ajak Masyarakat untuk menjadikan Kebersihan dan Kerukunan sebagai Kebutuhan

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny Ayu Suwirta menghadiri HUT ST Satya Dharma ke 35 bertempat di Banjar Desa Pekraman Sidayu Tojan, Desa Takmung Banjarangkan pada Kamis (6/7).

Ketua ST Satya Dharma I Made Agus Sidaharja dalam laporannya menyatakan bahwa dalam rangka merayakan  HUT ST Satya Dharma ke-35, Ketua Panitia melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti seni budaya yakni lomba membuat kuangen, ngulat tipat, sengkui, ancak, dan lomba nyurat aksara bali sedangkan untuk bidang olahraga adapun perlombaan yang diadakan Lomba antara lain lomba Lari 100 m tingkat SD dan SMP dan lain-lainnya, seperti program Pemerintah Kabupaten Klungkung. Dan Hal tersebut menjadi alasan ketua ST Satya Dharma beserta anggota ST Satya Dharma sepakat mengambil tema “meningkatkan kinerja pemuda sekaa truna yang aktif, kreatif, dan inovatif melalui program Gema Santi”.

Bendesa Adat Desa Pakraman Adat Sidayu Tojan I Komang Sudira menyampaikan dengan diadakan HUT ST Satya Dharma ke-35 merupakan ciri bahwa masih ada ST aktif di Desa Pekraman Adat Sidayu Tojan. Desa Pekraman Adat Sidayu Tojan, tetap menjadikan Sekaa Teruna dalam posisi terdepan, disaat dilaksanakan kegiatan adat yang berjalan sehari-hari, seperti pada bidang Parahyangan Sekaa Teruna Satya Dharma mempunyai peran penting pada saat upacara adat sedang berlangsung antara lain ikut serta berkontribusi dalam bentuk tari-tarian, ikut berpartisipasi dalam sekaa gong, dan lainnya. Berikutnya dalam bidang Pawongan, sudah terbukti dengan terbentuknya ST Satya Dharma sejak tahun 1982 dan terdapat bidang olahraga yang sangat digemari yang terus berjalan sampai saat ini yakni olahraga voli, dan dari bidang seni antara lain terdapat sekaa gong anak-anak, remaja  dan Dewasa. Pada Bidang Palemahan Sekaa Teruna ikut brpartisipasi dalam memelihara lingkungan sekitar.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengingatkan sekaa teruna agar bisa mempersiapkan diri dengan  berbagai skill yang cukup karena akan adanya Bonus Demografi pada tahun 2030, dimana pada saat itu, jumlah pekerja lebih banyak dibandingkan jumlah lapangan pekerjaan, Bupati Suwirta berpesan Kepada Krama Desa Pakraman Adat Sidayu Tojan supaya sekaa teruna diberikan nasihat dan arahan kearah positif, ikut menjaga Sekaa teruna dari hal-hal bersifat negatif dan agar menjaga kebersihan di Desa Pekraman Sidayu Tojan setiap harinya, serta dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari agar berlandaskan gema santi supaya kegiatan yang dilakukan sehari-hari dapat berjalan dengan baik. Krama Desa Pakraman Adat Sidayu Tojan, “Jangan Kebersihan, kerukunan antar Masyarakat dijadikan paksaan dan beban tetapi jadikan hal tersebut sebagai kebutuhan” pesan Bupati Suwirta.

Turut hadir dalam acara HUT ST Satya Dharma ke-35 Camat Banjarangkan Ida Bagus Ketut Mas Ananda, dan Perbekel Desa Takmung I Nyoman Mudita beserta undangan terkait lainnya. Dalam acara tersebut diisi dengan hiburan berupa tarian Topeng Arsa Wijaya, Tari Oleg Tambulilingan, penampilan Gender Wayang, dan lain sebagainya. Dalam acara HUT ST Satya Dharma ke-35 tersebut Bupati Klungkung melakukan penyerahan piagam kepada ST Satya Dharma ke-35 yang berprestasi ditingkat Kabupaten dan menyerahkan hadiah secara simbolis kepada para Juara Lomba dalam rangka Merayakan HUT ST Satya Dharma ke-35. 

Ketua ST Satya Dharma I Made Agus Sidaharja menyerahkan karikatur bertuliskan Gema Santi kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta diikuti dengan pembacaan pernyataan dukungan agar kembali menjadi Bupati periode ke-2 di Kabupaten Klungkung.  

(Hmsklk/cok)

Related

Warta Semarapura 4252133661359573892

Post a Comment

item