Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Pengayar di Pura Puncak Mundi, Nusa Penida

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Serangkaian Pujawali di Pura Puncak Mundi Desa Pakraman Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung yang puncaknya jatuh pada Rahina Buda Umanis Perangbakat, Rabu (5/7/2017) lalu. Pemerintah Kabupaten Klungkung melaksanakan Bakti Penganyar Jumat (7/7/2017). Bakti penganyar dipimpin langsung, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Wakil Bupati Klungkung Made Kasta. Bakti pengayar juga dihadiri Ketua DPRD Klungkung Wayan Baru, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, (Organisasi Perangkat Daerah) OPD dilingkungan Kabupaten Klungkung serta penganyar juga dipadati pemedek yang tangkil ngaturang bakti.  

Ketua Panitia Pujawali Made Karsa menyampaikan  bakti penganyar ini wajib dilaksanakan selama Ida Bhatara katuran nyejer dalam upacara atau pujawali. Bakti penganyar ini sebagai wujud bakti umat kehadapan Ida Bhatara Bhatari utamanya Ida Bhatara yang berstana di Pura Puncak Mundi. “Saat pujawali umat diwajibkan mempersembahkan segala baktinya kehadapan Ida Bhatara dengan satu harapan Ida Bhatara yang berstana disini selalu memberikan berkah. Ujar Ketua Panitia Pujawali Made Karsa.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama rombongan dari Pemkab Klungkung dan pemedek lainnya melaksanakan pesembahyangan bersama. Sebelum melaksanakan persembahyangan di Pura Puncak Mundi Bupati Suwirta bersama rombongan juga melaksanakan persembahyangan di Pura Dalem Krangkeng yang diawali dengan melaksanakan Puja Trisandya. Persembahyangan berlangsung hikmad dan dipuput Mangku Gede Darsana. Seusai pesembahyangan, Bupati Suwirta juga menghaturkan punia yang diterima ketua panitia Made Karsa. Ida Bathara Nyejer selama 3 Hari dan akan disineb besok pada tanggal 9 Juli 2017.

(Humasklk/puspa)

Related

Warta Semarapura 5560889858621898508

Post a Comment

emo-but-icon

item