HALal BI Halal, Bupati Suwirta inginkan keselarasan Umat Beragama

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta beserta Ny. Ayu Suwirta didampingi Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Klungkung Drs Humaid, dan Ketua kampung Lebah Hj. Hdi Sazani beserta undangan terkait lainnya menghadiri acara Halal Bi Halal PHBI Kabupaten KLungkung Tahun 1438 H di Masjid AL-Hikmah Kampung Lebah pada Sabtu (22/7) malam.

Ketua PHBI Drs Humaid, dalam sambutannya menyatakan tema Halal Bi Halal ini mengambil tema melalui Halal Bi Halal kita jalin silahturahmi untuk membangun kemajuan bangsa. Inti kegiatan ini yakni, agar bisa menjalin silahturahmi persaudaraan antar umat beragama. Pada acara Halal Bi Halal ini, bukan hanya bertujuan untuk bersilahturahmi saja, tetapi juga bertujuan untuk memberikan ruang kepada anak-anak remaja muslim untuk menunjukkan kreativitas dan seni yang dimiliki.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengatakan setelah umat muslim menjalani 1 bulan puasa, Umat Muslim sudah melewati perang melawan diri sendiri, baik itu perang melawan hawa nafsu, iri dan dengki, serta amarah yang ada di dalam diri. Bupati Suwirta atas nama pribadi dan pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung  Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438H Mohon Maaf lahir batin. Halal BI Halal merupakan kesepakatan bersama untuk saling memaafkan, saling bermufakat, bersama-sama menuju seuatu yang lebih baik. Bupati Suwirta berharap dengan adanya Program Aksi Gema Santi, agar semua umat beragama selalu berpegang teguh pada nilai-nilai kesantunan dan nilai-nilai inovatif, dan kepada tokoh masyarakat muslim untuk mempersiapkan anak-anak dan remaja agar kedepannya bisa berguna bagi bangsa dan Negara khususnya di Kabupaten Klungkung, serta berpesan kepada  tokoh masyarakat muslim melakukan koordinasi ke Desa Adat setempat apabila melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan begitu juga sebaliknya, untuk menciptakan kolaborasi yang nantinya akan mampu membentuk suatu keselarasan antar umat beragama, seperti kegiatan keagamaan yang sudah dilakukan pada saat kampung Jawa berkolaborasi dengan Sekaa Baleganjur yang ada di Banjar Mergan dalam kegiatan Takbiran, serta pada kegiatan Buka Puasa yang diselenggarakan di Kampung gelgel mengundang  tokoh adat setempat. “Agar Kegiatan seperti itu dan kegiatan lainnya dapat terus dilakukan untuk menjaga tali silahturahmi dan menjaga Kebhinekaan” ujar Bupati Suwirta.  

Dalam acara Tersebut diisi dengan hiburan dan seni kreativitas anak-anak dan Remaja muslim, diantaranya, persembahan Tari Saman dari TK Paud Bina Bakti, Bee Camp Percussion dan lainnya. 

(Hmsklk/cok)

Related

Warta Semarapura 9193689987165411741

Post a Comment

item