6 Keajaiban Kayu Manis


Sedapnya Kayu Manis Bisa Lawan Parkinson

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali -  Kayu manis memiliki aroma dan rasa yang enak sehingga sebagian orang memilih untuk menambahkan rempah-rempah ini pada masakan. Rempah ini mengandung mineral, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, khromium, selenium, tembaga dan zinc dalam jumlah kecil. Tak hanya itu, kayu manis juga mengandung vitamin A, B2, B3 dan vitamin K.

Selain kerap digunakan sebagai bumbu makanan, kayu manis juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Inilah manfaat kesehatan kayu manis yang perlu Anda ketahui, seperti yang dilansir dari laman The List, Senin (28/8/17).


1. Antibakteri
Kayu manis ternyata dapat membantu meredakan flu. Dr Nada Milosavljevic, MD, mengatakan kayu manis memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri, dan juga jamur.

Dr Nada menambahkan bahwa cinnamaldehyde, komponen aktif utama dalam kayu manis, dianggap sebagai sumber kapasitas melawan infeksi, dan efek antibakteri telah digunakan untuk melawan Listeria dan Salmonella.
Pakar kesehatan dan gaya hidup, Jaya Jaya Myra, mengatakan bagaimana sifat antivirus kayu manis dapat mencegah virus memasuki sel. "Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan kayu manis setiap saat Anda sakit," katanya

2. Mengatasi peradangan
Radang sendi, sakit kepala, atau pembengkakan lainnya di tubuh dapat diatasi dengan mengonsumsi kayu manis.

"Salah satu komponen penting dari kayu manis, cinnamyl alcohol, yang berkontribusi terhadap pelepasan histamin, telah ditunjukkan di beberapa penelitian laboratorium untuk memberi efek anti-inflamasi," kata Dr. Milosavljevic.
Dia kemudian menambahkan bahwa kayu manis merangsang sirkulasi darah yang akan membantu meredakan nyeri otot.  

3. Meningkatkan kemampuan otak
Kayu manis dapat membantu mempertahankan diri dari gangguan neurologis, seperti alzheimer dan parkinson.

"Kayu manis melindungi fungsi kognitif dan kesehatan otak dengan cara mengaktifkan protein pelindung saraf yang melindungi sel otak dari mutasi dan mengalami kerusakan," kata praktisi fungsional, Dr. Josh Axe.
"Ini akan mengurangi efek negatif dari stres oksidatif dengan menghentikan sel dari morphing dan self-destructing" tambahnya.

4. Mengurangi kadar gula
Sementara kita sering memikirkan kayu manis yang dimasukkan ke dalam sajian manis seperti pie apel, roti manis, sari buah apel, dan muffin, kayu manis sendiri tidak manis. Karena itu, kayu manis bisa digunakan untuk membantu menstabilkan dan mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan kepekaan terhadap insulin.

Kayu manis bisa sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Dr. Axe menjelaskan, manfaat kayu manis ini berperan dalam menghalangi enzim tertentu yang disebut alanin yang memungkinkan glukosa diserap ke dalam darah. Pada dasarnya, jika Anda hanya makan makanan dengan gula tinggi, kayu manis akan membantu mengurangi jumlah gula yang masuk ke aliran darah Anda. 

5. Membantu menjaga kebersihan gigi
Dalam penelitian yang membandingkan minyak kayu manis dan minyak cengkeh untuk digunakan dalam perawatan gigi, kayu manis terbukti lebih bermanfaat.

"Karena menghilangkan bakteri mulut, kayu manis memiliki kemampuan untuk menghilangkan bau mulut secara alami tanpa menambahkan bahan kimia ke tubuh." kata Dr. Axe.

6. Antioksidan
Kita harus mengonsumsi makanan kaya anti oksidan untuk membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan molekul berbahaya lainnya.

Makanan kaya antioksidan yang umum dikenal adalah blueberry, dan cokelat hitam, namun juga ada herbal, termasuk kayu manis. Penelitian terhadap 26 bumbu berbeda menunjukkan bahwa kayu manis memiliki aktivitas antioksidan tertinggi.

(Liputan6)

Related

Gaya Hidup 3822735770902071762

Post a Comment

item