Kambing atau Sapi, Daging apa yang Lebih Sehat?


Inilah Mengapa Daging Tak Boleh Banyak Dikonsumsi

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Menuju Hari Raya Idul Adha, sebagian besar masyarakat sudah bersiap akan menyembelih sapi dan kambing. Keduanya merupakan hewan ternak yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Lalu, manakah daging yang lebih sehat?
Mengutip laman Foods For Better Health, Kamis (31/8/2017), daging merah seperti sapi dan kambing kaya akan mineral, seperti zink, fosfor, vitamin B, vitamin B12, protein, dan zat besi.

Untuk membandingkan daging sapi dan kambing, salah satunya bisa dilihat dari jumlah kalori, lemak, dan protein dari keduanya. Dalam 100 gram kambing, terdapat 258 kalori, 25,6 gram protein dan 8,8 gram lemak. Sementara pada sapi, 100 gram daging memberikan 217 kalori, 26,1 gram protein dan 4,2 gram lemak.

Dari segi kalori dan lemak, daging sapi lebih unggul dibandingkan daging kambing. Namun, dari segi protein daging kambing memiliki kualitas lebih unggul dibandingkan dengan daging sapi. Lalu bagaimana dari segi nutrisinya? 

Daging merah merupakan sumber mineral dan vitamin. Dalam 100 gram daging kambing, terdapat 40 persen zink, 49 persen selenium, 27 persen fosfor, 25 persen zat besi, 7 persen potasium, 6 persen magnesium, dan 4 persen sodium. Selain itu, daging kambing kaya akan vitamin B, di antaranya 41 persen vitamin B3 dan 108 persen vitamin B12.

Sementara, dalam 100 gram daging sapi, terkandung 58 persen zink, 39 persen selenium, 29 persen fosfor, 34 persen zat besi, 7 persen potasium, 6 persen magnesium, dan 5 persen sodium. Sapi juga mengandung vitamin B, di antaranya 35 persen vitamin B3 dan 107 persen vitamin B12.
Kandungan mineral seperti mangan dan kalsium juga terdapat pada keduanya. Dari segi nutrisi, keduanya memiliki nutrisi yang hampir sama. Namun, menilik kandungan proteinnya, daging kambing memiliki kualitas protein yang lebih baik. 

Apakah kambing membuat Anda lebih gemuk?

Daging sapi dan kambing memiliki lemak dan kolesterol tinggi. Namun, daging kambing mengandung sedikit lebih banyak lemak dibandingkan daging sapi. Meski demikian, lemak pada daging kambing mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, daging kambing memiliki kualitas yang lebih unggul dibandingkan daging sapi. Kebanyakan daging kambing memakan rumput, sementara sekarang ini banyak terdapat sapi yang memakan biji-bijian. Padahal, hewan tidak sepenuhnya mampu mencerna biji-bijian. Akibatnya, tubuh kita pun sulit mencerna daging tersebut.

(Liputan6)

Related

Info Unik 6585542975302996894

Post a Comment

item