Tekan Angka Kemiskinan, Bupati Suwirta Apresiasi BUMDes Paksebali

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengapresiasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Paksebali, Kecamatan Dawan. Keberadaan lembaga perekonomian ini dinilai telah berhasil menekan angka kemiskinan di Desa. Hal ini diungkapkan Bupati Nyoman Suwirta saat melakukan Bedah Desa ke-34 di  Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Sabtu  (26/8/2017). Dari sebelumnya tercatat 200 kepala keluarga (kk) miskin, dengan adanya BUMDes, jumlah KK miskin berhasil dikurangi menjadi 41 KK.
Bersama dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Klungkung, Bupati Suwirta menyusuri setiap sudut desa didampingi perangkat desa setempat. Dalam bedah desa ini, segala masalah baik dibidang sosial, kesehatan dan pendidikan digali. Kunjungann di Desa Paksebali diawali dengan meninjau pasar, setelah itu Bupati bersama rombongan melanjutkan untuk mengunjungi beberapa SD yang ada di Desa Paksebali. Bupati akan memberikan bantuan baleganjur dan drumband kepada tiga SDN di Paksebali, sesuai kebutuhan masing-masing sekolah. Selain itu, Bupati meminta Perbekel dan Dinas terkait untuk mengkaji terkait rencana regrouping siswa SDN 2 Paksebali ke SDN 1 Paksebali, karena sekolah tersebut akan dijadikan pasar tradisional dan pasar yang sekarang akan diubah menjadi pasar seni, karena dengan BUMDes ini berhasil memberdayakan masyarakat. “Tolong segera buat kajian ini dengan sebaik-baiknya, agar rencana untuk membuat pasar tradisional dan pasar seni di Paksebali bisa segera terlaksana”, Ujar Bupati Suwirta kepada Perbekel Paksebali dan Dinas terkait.
Kemudian, kunjungan dilanjutkan mengunjungi beberapa rumah warga KK miskin. Disini sudah terlihat dengan adanya BUMDes jumlah angka KK miskin sudah mulai berkurang. Menurut Bupati  setelah mengujungi sejumlah warga miskin, terlihat kemiskinan itu bukan hanya semata-mata disebabkan oleh fisik, tetapi yang paling penting pola fikir mereka. Oleh karena itu, untuk menuntaskan angka kemiskinan ini Bupati sudah tugaskan Sekretatis Daerah (Sekda), pertama akan merekrut interprener desa yang diberi nama Yowana Gema Santi. “Semoga dengan adanya Yowana Gema Santi yang nantinya akan dibekali dengan kemampuan interprener, sehingga orang-orang yang ditugaskan untuk mendidik warga yang kurang mampu bisa memberikan bimbingan dengan baik”, Harap Bupati Suwirta.
Selain itu, Bupati Suwirta juga apresiasi segala potensi yang ada di Desa Paksebali. Selalu kembangkan nantinya untuk kedepan potensi yang ada di Desa Paksebali yang sekarang sudah menjadi Desa Wisata. Desa-desa yang lainnya yang ada di Kabupaten Klungkung juga harus bisa mengembangkan potensi yang ada di Desa.  “Semua Perbekel yang ada di Kabupaten Klungkung meskipun belum menjadi Desa Wisata tidak usah menunggu, terus kembangkan segala potensi yang ada di Desa dan semoga dengan niat kita yang tulus bisa nantinya mengurangi angka kemiskinan di Desa”, Harapnya kembali. 

(Humasklk)

Related

Warta Semarapura 3917678092122143542

Post a Comment

item