14 Cara mengecilkan lengan dengan cepat untuk hilangkan lemak berlebih



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Lengan besar dan bergelambir memang enggak banget kalau dilihat orang. Apalagi lengan merupakan bagian tubuh yang tetap terlihat meski sudah tertutup baju sekalipun. Lengan memang merupakan bagian tubuh yang akan membesar saat seseorang mengalami kenaikan berat badan. Lengan juga merupakan tempat berkumpulnya lemak tubuh. Lengan besar dan bergelambir memang masalah yang biasa dialami perempuan dan laki-laki.

Lengan besar bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun biasanya hal ini terjadi karena obesitas. Obesitas menyebabkan lemak-lemak yang tersimpan di tubuh akan disimpan pada area-area tertentu seperti lengan. Cara mengecilkan lengan pun banyak macamnya salah satunya adalah dengan menggunakan barbel atau dengan berolahraga ringan. Lengan yang ideal sulit akan terwujud jika Anda hanya memikirkan cara instant seperti menggunakan cara mengecilkan lengan tanpa olahraga ataupun cara mengecilkan lengan yang besar dengan cepat dalam 3 hari atau waktu yang lebih singkat.

Cara mengecilkan lengan dengan berolahraga ringan

Ilustrasi mengecilkan lengan ©2017 Merdeka.com

1. Push-up sempurna

Push-up merupakan salah satu gerakan olahraga yang umum. Baik perempuan maupun laki-laki dapat melakukannya. Push-up bahkan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda cukup melakukan push-up secara rutin maka dijamin lengan Anda akan semakin mengecil dan terutama tidak bergelabir. Berikut ini cara-cara melakukan push-up yang benar.
Push-up sempurna tentu saja merupakan jenis push-up yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Push-up ini membutuhkan tenaga yang besar karena tumpuan berada di ujung jari kaki. Anda bisa melakukan push-up ini di atas matras. Untuk melakukan push-up ini mudah saja.
Ilustrasi push up bodybuilding.com
Letakkan kedua telapak tangan di lantai dengan ujung jari kaki sebagai tumpuan. Buka kaki kira-kira selebar bahu saja untuk menjaga keseimbangan. Usahakan kaki, pinggan, dan kepala dalam keadaan lurus. Langkah selanjutnya kemudian tekuk lengan bawah dan lengan atas membentuk sudut 90 derajat kemudian dorong ke atas perlahan. Turunkan lagi badan perlahan sambil membuang napas. Angkat badan sambil menari napas lalu turunkan badan sambil membuang napas. Begitu seterusnya.
Sebagai awal bagi Anda yang jarang berolahraga, lakukan saja sekuat Anda agar tubuh tidak kaget. Lalu tingkatkan intesitasnya. Contoh : Hari ini Anda 20 kali push ups, besok ditambah menjadi 25 push-up, lusa ditambah lagi menjadi 30 push-up. Lakukan secara rutin, lengan Anda akan segera mengecil

2. Push-up lutut

Beda dengan push-up sempurna, push-up lutut adalah gerakan push-up yang bertumpu pada lutut. Posisikan tubuh Anda seperti melakukan push-up sempurna namun dengan lutut sebagai tumpuannya. Lutut memang kurang fleksibel, oleh karena itu Anda bisa mengalasi lutut dengan sesuatu yang empuk seperti bantal.
Bag Anda yang kelelahan atau tidak mampu melakukan push-up sempurna Anda bisa mencoba posisi ini. Caranya sama saja dengan push-up sempurna.

3. Push-up dinding

Bagi Anda yang kesusahan sekali melakukan push-up sempurna dan push-up lutut, Anda bisa mencoba varian push-up berikut ini. Tenaga yang dikeluarkan jauh lebih kecil daripada varian push up yang lainnya. Hal ini juga mudah dilakukan bagi Anda yang pemula yang belum sanggup menopang berat badan jika mencoba gaya push-up sempurna.
Caranya sama saja namun bedanya Anda bukan berbaring pada lantai namun menghadap dinding. Anda cukup berdiri lebih jauh dari jangkauan tangan Anda ketika menyentuh dinding dengan telapak tangan. Tempelkan telapak tangan pada dinding. Kemudian perlahan dekatkan wajah pada dinding dengan cara menekuk lengan. Awali dengan 10 kali push-up dinding lalu tingkatkan intensitasnya.

4. Counter push up

Masih dengan varian push-up yang lain. Kali ini Anda tidak bertumpu pada dinding maupun lantai. Yang akan Anda lakukan adalah dengan menggunakan meja sebagai tumpuannya.
Caranya pun sama saja dengan melakukan push-up dinding. Namun demi keamanan, lakukan counter push-up pada meja yang tidak bisa bergeser atau bergerak.

5. Lompat tali

Cara mengecilkan lengan berikutnya adalah dengan lompat tali. Olahraga simpel ini ternyata terbukti efektif untuk mengecilkan lengan. Tidak hanya lengan, lompat tali juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan paha juga
Lakukan lompat tali setiap pagi. Terus tingkatkan intensitasnya agar lengan semakin cepat mengecil.

6. Barbel

Barbel juga bisa digunakan sebagai cara mengecilkan lengan. Cara mengecilkan lengan dengan barbel mudah saja. Yang Anda butuhkan adalah barbel yang sekiranya Anda kuat untuk mengangkatnya. Bisa dimulai dengan barbel 1 kg. Jika sanggup tingkatkan beratnya setiap minggu.

Cara mengecilkan lengan dengan barbel dengan banyak variasi

  • Pegang barbel pada kedua tangan. Bentuk tangan dengan posisi 90 derajat. Angkat barbel bergantian menggunakan tangan kanan lalu tangan kiri.
  • Pegang barbel pada kedua tangan. Bentuk tangan dengan posisi 90 persen. Angkat barbel bersamaan.
  • Pegang barbel pada kedua tangan. Lalu rentangkan tangan. Angkat barbel bergantian tangan kanan dan tangan kiri.
  • Pegang barbel pada kedua tangan. Lalu rentangkan tangan. Angkat barbel bersamaan.

7. Weighted punch

Variasi mengangkat barbel berikutnya yang mudah adalah dengan melakukan weighted punch. Ada juga memerlukan 2 buah barbel sebagai pemberat yang dipegang pada kedua tangan Anda. Kemudian Anda seakan melayangkan tinju ke udara secara bergantian tangan kanan dan kiri. Lakukan hingga lengan Anda terasa lelah.

8. Bench Dips

Cara mengecilkan lengan selanjutnya adalah dengan cara bench dips. Anda membutuhkan meja atau tumpuan apapun yang tidak bergerak atau bergeser. Bisa meja atau kursi.
Ilustrasi mengecilkan lengan ©2017 Merdeka.com
Yang perlu Anda lakukan adalah pegang ujung tumpuan dengan kedua tangan yang menghadap ke belakang. Posisikan tubuh Anda pada posisi duduk. Angkat pantat Anda, majukan beberapa sentimeter ke depan lalu selonjorkan kaki. Lalu luruskan tangan dan angkat tubuh pada posisi semula. Kemudian tekuk lengan Anda hingga membentuk 90 derajat. Tahan sampai hitungan ke 8. Angkat kembali. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

9. Gerakan memutar tangan

Gerakan memutar tangan merupakan cara mengecilkan lengan yang sederhana dan mudah namun sangat bermanfaat untuk mengecilkan lengan Anda. Anda cukup merentangkan kedua tangan lalu putar kedua tangan bersamaan sebanyak 50 kali. Lakukan secara rutin maka lengan Anda akan mengecil secara cepat.

10. Gerakan menggunting

Cara mengecilkan lengan yang mudah selanjutnya adalah dengan menerapkan gerakan menggunting. Anda cukup merentangkan kedua tangan dan kaki lalu kemudian silangkan tangan dan kaki secara bersamaan.

11. Pull up

Olahraga ringan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah pull-up. Yang Anda perlukan adalah tiang atau kusen pintu yang lebih tinggi daripada Anda.
Ilustrasi mengecilkan lengan ©2017 Merdeka.com
Caranya sederhana saja. Pegang tiang atau kusen dengan kedua tangan Anda dengan erat. Lalu mulailah secara perlahan mengangkat tubuh Anda. Tahan selama 8 detik atau 8 hitungan kemudian turun. Lakukan secara rutin.

12. Berenang

Olahraga ringan tanpa keringat selanjutnya adalah berenang. Berenang adalah salah satu cara mengecilkan lengan yang menyenangkan. Tidak hanya untuk mengecilkan lengan saja. Berenang akan melatih seluruh bagian tubuh Anda. Berenanglah minimal 2 kali dalam seminggu agar lebih cepat untuk mengecilkan lengan Anda.

Cara mengecilkan lengan dengan pola hidup sehat

13. Mengonsumsi makanan sehat

Selain aktivitas yang telah Anda lakukan di atas langkah selanjutnya untuk semakin memudahkan Anda mengecilkan lengan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Memang tidak muda juga untuk memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh karena hal tersebut akan memicu penambahan lemak dalam tubuh Anda.
ilustrasi makanan sehat ©www.newsnish.com
Mulailah mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan tentu saja menyehatkan, segar dan bernutrisi tinggi untuk membantu menurunkan kadar lemak berlebih dalam tubuh.

14. Rajin minum air mineral

Pola hidup sehat berikutnya sebagai cara mengecilkan lengan adalah dengan rajin dan patuh mengonsumsi air mineral 8 gelas sehari. Dengan rajin dan patuh meminum 8 gelas air mineral setiap hati, efektif untuk membantu memecah timbunan lemak dalam tubuh dan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh Anda. Hal ini akan melancarkan sistem pencernaan, sehingga lemak tidak akan mengendap dan tertimbun sia-sia dalam tubuh Anda.
Itulah 14 cara mengecilkan lengan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika ingin mengecilkan bagian tubuh lainnya seperti mengecilkan paha, perut, atau pun betis, maka olahraga yang tepat dan teratur bisa menjadi solusi bagi Anda. Semoga bermanfaat.
(Merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 1922724821232078161

Post a Comment

item