Siswa Pengungsi Ikut Full Day School


www.nusabali.com-siswa-pengungsi-ikut-full-day-school

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Korban pengungsi bencana alam Gunung Agung, Karangasem yang berstatus pelajar mulai menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah barunya di Klungkung. Seperti di SMAN 2 Semarapura, Klungkung, menerapkan program full day school atau sekolah sehari dengan 5 hari kerja (Senin-Jumat).

Pantauan NusaBali, siswa dari pengungsian yang melanjutkan sekolah di SMAN 2 Semarapura 122 siswa, terdiri dari 60 siswa kelas 10, 56 siswa kelas 11, dan 6 siswa kelas 12. Mereka tersebar ke masing-masing kelas sesuai jurusan. “Ini baru kali pertama kami mengikuti full day school, rasanya senang, terlebih lagi bisa bertemu teman-teman baru,” ujar seorang siswa dari pengungsi, Ida Ayu Praba Iswari Dewi, didampingi teman-temanya, Kamis (28/9). Dia mengaku di lokasi pengungsian juga minim aktivitas. Mereka bersyukur bisa tetap belajar mengingat beberapa bulan lagi akan menghadapi ujian.

Waka Kesiswaan SMAN 2 Semarapura I Ketut Langkir, mengatakan siswa yang bersangkutan sudah diterima dengan baik oleh teman-teman barunya di SMAN 2 Semarapura. Bahkan mereka sudah antar jemput bagi siswa yang tidak membawa kendaraan. Begitu pula ketika mereka mengikuti program full day school juga berjalan lancar. “Bagi yang jurusannya sedikit digabung dengan kelas reguler, kalau jumlahnya di atas 10 maka ditempatkan pada satu ruangan kelas khusus,” ujarnya.

Karena anak-anak pengungsi itu baru beberapa hari bersekolah di SMAN 2 Semarapura, maka dalam beberapa Minggu ini, jika ada ujian harian di sekolah, maka mereka tidak diikutkan. Namun kalau sebatas mencoba itu dipersilakan. “Dalam pemberian materi memang masih perlu sedikit penyesuaian, namun sejauh ini tidak ada masalah,” katanya.

Secara teknis pembelajaran pada sekolah yang menerapkan full day school serupa dengan sekolah pada umumnya. Perbedaannya hanya jam belajarnya seharian dari pukul 07.30 Wita-16.00 Wita, Senin-Jumat. Sedangkan Sabtu-Minggu siswa libur. Waktu istriahat siswa dua kali dengan waktu 30 menit, pada Senin-Kamis istirahat pertama dari puku 10.30 Wita-11.00 dan istirahat kedua pukul 14.00 Wita-14.30 Wita. Kalau hari Jumat istirahat hanya sekali, namun waktunya 1 jam dari pukul 12.00 Wita-13.00. Bagi siswa non Hindu (muslim) bisa melakukan Shalat Jumat di mushola sekolah. 

(NusaBali)

Related

Seputar Semarapura 7535747152488907629

Post a Comment

item