10 Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Semua orang pasti pernah mengalami batuk entah itu batu ringan ataupun batuk yang berat. Entah itu bayi atau bahkan lansia. Bisa batuk karena tersedak atau karena tenggorokan gatal. Banyak faktor yang bisa menyebabkan batuk. Bisa juga karena alergi, alergi debu atau alergi binatang. Hal-hal tersebut merupakan contoh dari sekian banyak penyebab batuk ringan. Beda halnya dengan batuk yang berat. Maksud dari batuk yang berat adalah batuk yang dialami selama terus-menerus tanpa berhenti. Hal tersebut bisa saja karena disebabkan oleh beberapa penyakit yang hinggap dan berkembang di tubuh tanpa Anda sadari. Batuk berat bisa disebabkan oleh gejala TBC, gejala ISPA, gejala bronkitis, atau penyakit paru-paru lainnya.

Beberapa orang terkadang meremehkan batuk. Padahal batuk, seperti yang sudah dijelaskan bisa jadi menjadi tanda bahwa tubuh sedang dalam keadaan sakit. Selain batuk kering dan batuk berat, batuk juga bisa berupa batuk kering dan batuk berdahak. Dahak di sini merupakan cairan kental yang berwarna hijau kekuning-kuningan seperti ingus yang berasal dari dalam paru-paru tubuh yang bisa jadi karena ada infeksi.
Ada beberapa orang yang secara gampang bisa mengeluarkan dahaknya, namun ada juga yang kesusahan sehingga membuat pernapasan menjadi tidak enak bahkan bisa pusing karenanya. Dahak yang susah dikeluarkan ini bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain harus mengeluarkan dahak setiap saat ketika batuk, ada juga yang berjuang batak hingga tenggorokan sakit karena dahak tidak mau keluar. Harus bolak-balik kamar mandi atau wastafel hanya untuk mengeluarkan dahak tentu sangat mengganggu terutama ketika sedang sibuk atau bahkan hendak mau tidur.
Sebagian orang berupaya mengatasi batuk berdahak dengan meminum obat yang dikhususkan batuk berdahak. Namun, perlu Anda ketahui bahwa Anda juga bisa mencoba cara mengeluarkan dahak tanpa obat sendiri. Ada beberapa cara mengeluarkan dahak yang perlu Anda coba sebelum mencoba mengatasinya dengan obat.
  1. Banyak minum minuman hangat
Minuman hangat akan membuat lendir yang mengendap pada tenggorokan menjadi lebih encer sehingga cairan bisa keluar. Tidak hanya meminum air mineral hangat saja, Anda bisa memvariasikan dengan teh hangat, jahe hangat, lemontea hangat, mint tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan dahak keluar.
  1. Madu dan jahe
Minuman hangat selanjutnya yang cocok sebagai cara mengeluarkan dahak adalah meminum madu dan jahe. Sejak jaman dulu telah dipercaya bahwa jahe merupakan rempah-rempah yang dapat meminimalkan batuk serta cara mengeluarkan dahak. Anda bisa meminumnya dengan memarut 100 g jahe lalu peras airnya. Campurkan dengan madu dan segelas air hangat. Minum 2 kali sehari agar dahak segera keluar.
  1. Kumur air garam
Sudah jadi rahasia umum kalau garam biasa digunakan sebagai obat jika ada masalah kesehatan pada gigi. Namun tidak hanya untuk masalah gigi saja, garam juga dapat dipakai sebagai cara mengeluarkan dahak yang efektif. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab dahak. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Kumur hingga pangkal lidah dengan menengadahkan kepala agar bisa membasmi bakteri penyebab dahak.
  1. Kunyit
Kunyit mempunyai sifat dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab batuk berdahak terutama untuk membuat dahak menjadi cair sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Caranya adalah dengan memarut kunyit, lalu peras airnya. Seduh dengan segelas air hangat. Bisa juga dengan ditambahkan madu.
  1. Lada
Rempah-rempah selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara mengeluarkan dahak adalah lada. Seduh ½ sdt lada dengan segelas air hangat. Untuk menambah rasa agar tidak pedas, tambahkan madu sesuai selera Anda.
  1. Menghirup uap air hangat
Menghirup uap dapat mengeluarkan dahak karena uap air hangat yang kita hirup juga akan membantu mencairkan lendir yang ada pada paru-paru. Masak air hingga mendidih lalu Anda hirup uapnya. Tidak usah terlalu dekat agar hidung tidak melepuh.
  1. Menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih
Agar menghirup uap air semakin efektif untuk mengeluarkan dahak, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih.
  1. Daun mint
Daun minta sudah terkenal sebagai cara melegakan tenggorokan. Bisa juga diterapkan sebagai cara mengeluarkan dahak yang efektif. Caranya adalah dengan menyeduh beberapa lembar daun minta yang sudah dicuci bersih.
  1. Mengkonsumsi bawang putih
Cara mengeluarkan dahak secara oral namun tidak meminum obat adalah dengan memakan atau mengunyah langsung bawang putih. Bawang putih berperan sebagai agen anti-bakteri dan anti-jamur yang berguna untuk memberangus bakteri penyebab dahak.
  1. Minum banyak air
Dahak biasanya susah keluar karena terlalu kental. Dengan meminum air putih dalam jumlah banyak, maka akan menjadi cara mengeluarkan dahak dengan mengencerkan dahak. Air putih juga akan menggantikan cairan yang keluar karena sering mengeluarkan dahak.
Semoga bermanfaat. 
(Merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 8061656898249911047

Post a Comment

item