4 Bahan Dapur Ini Ampuh Obati Sariawan


Ramuan Alami untuk Sembuhkan Sariawan

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Sebagian orang pasti pernah mengalami sariawan, hal ini tentunya membuat mulut menjadi perih dan tidak nyaman. Sariawan dapat menyerang siapa saja. Masalah ini umumnya terjadi di sepanjang selaput lendir, pipi, lidah dan langit-langit mulut.

Sariawan dapat menandakan sistem kekebalan tubuh yang lemah, stres, luka atau kebersihan mulut yang buruk. Meski mereka dapat hilang sendiri setelah beberapa hari, namun ada baiknya menerapkan beberapa perawatan di rumah untuk mempercepat proses pemulihan dan mencegah infeksi.

Seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Minggu (1/10/17). Inilah beberapa perawatan yang dapat Anda terapkan di rumah saat sariawan:

1. Bawang putih
Bahan dapur ini merupakan ramuan yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang, bila dioleskan secara langsung, membantu mencegah infeksi pada mulut.
Allicin, senyawa aktif bawang putih, membantu mengurangi radang pada luka dan meningkatkan aktivitas seluler yang membantu penyembuhan lebih cepat.
Haluskan bawang putih sampai membentuk pasta, kemudian gosok pasta di atas luka selama dua sampai tiga menit. Bilas dengan air yang banyak dan ulangi penggunaannya dua kali sehari.

2. Biji jeruk bali
Ekstrak alami yang didapat dari biji jeruk bali memiliki antibiotik kuat yang membantu menghancurkan kuman yang memprovokasi infeksi pada mulut. Antioksidan dan senyawa disinfektan melindungi kulit yang terluka di sekitar luka sembari mengurangi peradangan dan mencegah bau saat sariawan.
Tambahkan beberapa tetes ekstrak biji jeruk bali ke secangkir air hangat dan gunakan sebagai obat kumur setelah menggosok gigi. Ulangi perawatan ini hingga tiga kali sehari.

3. Yogurt alami
Asam laktat dalam yogurt membantu mengatur pH mukosa di mulut. Dengan cara ini, yogurt dapat 
mengurangi keasaman dan meningkatkan kehadiran bakteri sehat. Langsung menerapkan yogurt alami meningkatkan keadaan kulit yang terkena sariawan dan mencegah timbulnya infeksi.
Konsumsilah setidaknya setengah cangkir yogurt alami dalam sehari, pastikan dia terkena daerah yang sariawan.

4. Kunyit
Pasta yang dibuat dengan kunyit bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi sariawan dan masalah lain yang mempengaruhi kesehatan mulut Anda. Akar pada kunyit mengandung zat aktif yang dikenal sebagai kurkumin, selain warnanya khas, kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan antibiotik.
Ambil sedikit kunyit bubuk, basahi dengan sedikit air, dan oleskan pasta ke luka. Biarkan selama dua sampai tiga menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali sehari.

(Liputan6)

Related

Gaya Hidup 6081385624750185611

Post a Comment

emo-but-icon

item