Menebalkan Alis Bikin Anda Terlihat Lebih Muda

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali  Sebuah studi terbaru menemukan bahwa fitur wajah, seperti bibir dan alis, cenderung kurang menonjol seiring bertambahnya usia. 

Dalam studi yang dipublikasikan oleh jurnal Frontiers in Psychology, para peneliti menganalisis foto dari 763 perempuan tanpa make-up dengan berbagai warna kulit antara usia 20 hingga 80 tahun. Sebuah program komputer dibuat untuk menganalisis foto kontras wajah bagian mata, bibir dan alis yang menonjol, karena perbedaan warna mulai dari ringan atau gelap dengan kulit di sekitarnya.

Perempuan yang lebih muda disebut memiliki kontras wajah yang lebih banyak dibanding perempuan yang lebih tua. Kontras warna biasa menurun di daerah sekitar mulut dan alis saat perempuan bertambah tua.
Selanjutnya, para peneliti mem-photoshopped beberapa gambar, menciptakan dua versi hampir identik dari setiap wajah dengan berbagai tingkat kontras. Mereka menunjukkan foto-foto tersebut kepada sukarelawan dan meminta mereka untuk memilih wajah yang lebih muda. Hampir 80 persen, orang mengatakan bahwa kontras yang lebih tinggi terlihat lebih muda.

Temuan ini serupa di berbagai etnis, menunjukkan bahwa kerutan dan kontras warna pada pigmentasi kulit, benar-benar merupakan "isyarat lintas budaya" untuk memahami umur seseorang.

Siapa pun yang pernah menggunakan filter selfie di Instagram, tidak akan terkejut dengan efek kontras ini. Namun temuan tersebut juga bisa membantu menjelaskan mengapa orang lebih sering menggunakan make-up agar terlihat lebih muda.

Penelitian tersebut tidak melibatkan make-up, oleh karena itu penulis mengatakan dengan pasti bahwa fitur gelap secara kosmetik akan memiliki hasil anti-penuaan yang sama seperti yang ditunjukkan dalam penelitian ini. 

"Tapi cara kita memanipulasi fitur dalam foto sangat mirip dengan apa yang akan Anda lakukan dengan make-up, dan saya akan terkejut jika Anda tidak dapat mendapatkan efek yang serupa," kata rekan penulis, Richard Russell, seorang profesor psikologi di Gettysburg dilansir Time.  

"Kita tahu bahwa bibir menjadi kurang merah seiring bertambahnya usia dan alis menjadi lebih ringan, dan itu adalah kedua hal yang bisa Anda atasi dengan makeup, jika Anda mau," katanya lagi.

Kejutan terbesar dari semuanya adalah kekuatan alis. Bagi banyak perempuan dari semua etnis, warna alis akan pudar seiring bertambahnya usia - sehingga menebalkan warnanya akan terlihat lebih muda, menurut para periset.

Meskipun penelitian ini hanya dilakukan pada perempuan, peneliti mengatakan bahwa temuan ini juga berlaku untuk laki-laki. 


sumber : suara.com

Related

Gaya Hidup 4123709326184532259

Post a Comment

item