Pemkab Klungkung Gelar Upacara Pemahayu Jagat Kertaning Bumi

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Upacara Pemahayu Jagat  Kertaning Bumi yang pertama kali dilaksanakan bertepatan dengan Rahina Tilem Sasih Kapat. Dalam Upacara ini dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta, Sekda Kabupaten Klungkung Putu Gde Winastra serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  di lingkungkan  Pemerintah Kabupaten Klungkung. Upacara tersebut di gelar di dua tempat, yakni di halaman Kertha Gosa dan Kantor Bupati Klungkung, Jumat (20/10/2017).

Menurut Dewa Ketut Soma yang selaku menjadi panitia pelaksana menyampaikan Pemahayu Jagat ini dilaksanakan merupakan salah satu program kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung. Upacara ini dilaksanakan berkaitan dengan berbagai fenomena sosial yang terjadi, dimana kita sebagai manusia harus selalu elingatau ingat pada diri dan eling dalam memelihara Tri Hita Karana alam semesta dan bersinergi untuk kerahayuan di bumi. Pemahayu jagat ini untuk keselamatan dan kerahayuan jagat agar alam ini bisa kerta rahayu atau kertaning bumi. Dalam upacara ini ada satu prosesi upacara yang digelar di Pemedal Agung, dimana dulu ketika perang Puputan Klungkung yang terjadi banyak rakyat yang gugur di depan Puri Agung Semarapura (Klungkung), dimana saat ini kita melakukan satu prosesi untuk ngulapin para hyang (pitara/roh) dengan harapan yang belum mendapat tempat agar bisa menyatu kembali dengan yang maha kuasa/tuhan yang maha esa.

Lebih lanjut Dewa Ketu Soma menambahkan pamuput upacara di Kertha Gosa Ida Padanda Gede Made Tembau dari Geriya Kulon, Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan dan Ida Dalem Surya darma Sogata dari Puri Agung Klungkung. Sedangkan pamuput Upacara diKantor Bupati Klungkung Ida Pedanda Gede Karang Putra Keniten dari Griya Kanginan, Desa Paksabali,  Kecamatan Dawan dan Ida Pedanda Gede Wayahan Jelantik Pradnya Putra dari Geriya Wanasari, Sidemen.  

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan Upacara Pemahayu Jagat  Kertaning Bumi ini dilaksanakan bertujuan untuk penyucian alam sekala nisakala. “Melalui upacara ini agar kita semua diberikan kekuatan dan kerahayuan dalam melanjutkan pembangunan dengan baik dan menuju cita-cita yang budi luhur yaitu mensejahterakan masyarakat”, Harapnya.(

Humas/Klungkung)

Related

Warta Semarapura 8912840036974278429

Post a Comment

item